Semarang (ANTARA) - Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) Jawa Tengah sebagai sayap organisasi Partai Gerindra mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan bakal capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

"Ini menjadi wadah aspirasi kaum muda, Kaum milenial bisa diwakili langsung Mas Gibran," kata Ketua Harian DPD Satria Jateng Dwi Yasmanto, di sela Deklarasi Prabowo-Gibran, di Semarang, Rabu malam.

Deklarasi ini semakin memperkuat dukungan bagi putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu untuk maju sebagai bakal cawapres setelah DPC Gerindra Kota Semarang mengusulkan pasangan Prabowo-Gibran.

Gibran yang mewakili kaum muda, kata dia, ideal mendampingi Prabowo yang memiliki banyak pengalaman di pemerintahan maupun militer sehingga mumpuni untuk menata negara.

"Jadi, kaderisasi tetap berjalan untuk bangsa ini," katanya.

Berkaitan dengan pengujian mengenai syarat usia minimal calon presiden dan calon wakil presiden, Dwi optimistis Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengabulkan permohonan perubahan batas usia capres-cawapres.

"Kami tetap yakin dan optimistis apa yang dilakukan bisa berhasil. Pak Prabowo dan Mas Gibran tetap bisa diusung sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2024," katanya.

Baca juga: Satria Gerindra deklarasikan pasangan Prabowo-Gibran
Baca juga: Aktivis 98 sepakat dukung Prabowo Subianto jadi Presiden 

Sementara itu, Ketua Umum DPD Satria Jateng Hery Pudyatmoko menjelaskan bahwa Prabowo-Gibran merupakan perpaduan yang ideal antara senior dan junior dalam memimpin bangsa Indonesia ke depan.

"Perpaduan yang sangat luar biasa. Jadi, ada senioritas dan junior. Kami melihat dinamika politik hari ini, Gibran cukup bagus dalam hal kepemimpinan di Solo, luar biasa," katanya.

Menurut dia, dukungan terhadap Gibran untuk mendampingi Prabowo sebenarnya berasal dari aspirasi akar rumput di Satria Jateng yang kemudian dideklarasikan sehingga bisa menjadi masukan pimpinan pusat.

"Kami akan menyampaikan kepada DPD Partai Gerindra agar aspirasi diteruskan pada DPP Partai Gerindra. Bagaimana aspirasi akar rumput didengarkan sehingga akhirnya DPP melakukan sebuah upaya komunikasi, dan sebagainya. Karena kami paham bahwa Mas Gibran masih menjadi kader partai lain," katanya.

Satria Jateng memiliki pimpinan cabang yang tersebar di 35 kabupaten/kota di provinsi tersebut dengan total pengurus inti sekitar 5.000 orang.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023