"Memang benar Wapres menunda kunjungan kerja ke dua kota di Tanah Papua karena harus menghadiri rapat kabinet terbatas di Jakarta yang dilaksanakan hari ini. Karena ada rapat kerja terbatas itulah maka Wapres, Kamis pagi (12/10) langsung kembali ke J
Jayapura (ANTARA) - Sekretaris Daerah Papua Selatan Mandderang mengakui Wakil Presiden Ma'ruf Amin membatalkan rencana kunjungan kerjanya ke Wamena, Papua Pegunungan dan Merauke.

"Memang benar Wapres menunda kunjungan kerja ke dua kota di Tanah Papua karena harus menghadiri rapat kabinet terbatas di Jakarta yang dilaksanakan hari ini. Karena ada rapat kerja terbatas itulah maka Wapres, Kamis pagi (12/10) langsung kembali ke Jakarta dari Jayapura," kata Mandderang di Merauke, Kamis.

Diakui, informasi batalnya kunjungan Wapres itu baru diketahui Rabu malam (11/10) sekitar pukul 22.30 WIT setelah adanya penyampaian oleh Deputi III Sekretariat Wapres Felix Wanggai ke Penjabat Gubernur Papua.

Wapres Ma'ruf Amin, Kamis (12/10) dijadwalkan melakukan kunjungan ke Wamena dan Merauke untuk melakukan penandatanganan prasasti pembangunan kantor gubernur di kedua ibukota daerah otonomi baru (DOB).

Kantor Gubernur Papua Selatan berlokasi di Salor,sekitar 50 KM dari Kota Merauke, jelas Sekda Papua Selatan Mandderang.

Sebelumnya Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo mengakui, sebanyak 850 personel disiagakan untuk mengamankan kunjungan Wapres ke Merauke yang dijadwalkan Kamis (12/10) hingga Jumat (13/10).

Mereka terdiri dari anggota TNI-Polri dan satuan samping.

Penandatanganan prasasti akan dipusatkan di Merauke, kata Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023