PLN telah memiliki standar sistem kelistrikan untuk event seperti ini
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) telah merampungkan persiapan kelistrikan gelaran MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang akan diselenggarakan pada 13-15 Oktober.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, dalam keterangan resmi yang diterima Kamis, mengatakan PLN berkomitmen penuh dalam menyukseskan gelaran balap bertaraf internasional itu untuk kedua kalinya dengan suplai listrik yang andal dengan sistem keamanan pasokan berlapis.

“PLN telah memiliki standar sistem kelistrikan untuk event seperti ini dan dalam hal ini kami juga sudah sangat berpengalaman, seperti gelaran KTT G20, KTT ASEAN, Kejuaraan Dunia Motorcross (MXGP) sebanyak tiga kali, Idemitsu Asian Talent Cup (IATC), Shell Eco-Marathon dan MotoGP di Mandalika NTB sebelumnya,” ungkap Darmawan.

Sementara General Manager PLN UIW NTB Sudjarwo menjelaskan, saat ini progres kesiapan instalasi utama dan back up semua venue event MotoGP di Sirkuit Mandalika telah berjalan sesuai dengan rencana.

Alhamdulillah, progres setup instalasi kelistrikan di lokasi Sirkuit Mandalika yang terdiri dari pekerjaan setup venue utama dan peralatan back up, instalasi jaringan listrik, kesiapan personil, aset dan sarana serta checklist keandalan sistem telah selesai,” ucapnya.

Sudjarwo menambahkan uraian kesiapan instalasi dan sarana pendukung meliputi kesiapan sistem transmisi di sistem Lombok dengan pola operasi Lombok ring 2 sirkuit.

Pasokan ke Mandalika, terang Sudjarwo, masing-masing dari GI Kuta (30 MVA) & GI Sengkol (60 MVA), kesiapan sistem distribusi dipasok dari 3 feeder (Mandalika1, Mandalika2 & Sengkol) dengan skema Zero Down Time (ZDT).

“Dari persiapan yang sudah kami lakukan, kami telah siap mengawal gelaran MotoGP 2023 di Mandalika,” tambah Djarwo.

Sementara untuk kesiapan peralatan pendukung, ujar Jarwo, PLN telah menyiapkan 18 unit genset, 19 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile, 9 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan 18 unit Automatic Transfer Switch (ATS).

PLN juga menyiagakan 180 personil yang didukung sarana berupa 25 unit mobil dan 12 unit motor. Sudjarwo juga mengatakan, PLN telah menyiapkan tiga Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang terdiri dari 8 orang personil PDKB berjarak dan 7 orang personil PDKB sentuh langsung.

Selain itu, PLN menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tambahan sebanyak 5 unit yang terdiri dari 2 unit SPKLU eksisting dan 3 unit SPKLU mobile dengan 1 unit berkapasitas 50 kilowatt (kW) dan 2 unit kapasitas 200 kW yang telah terpasang di Sirkuit Mandalika.

“Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat dan stakeholder untuk lancarnya gelaran MotoGP ini. Kami berharap semoga event kelas dunia yang kembali hadir di Nusa Tenggara Barat dapat kami listriki dengan sebaik-baiknya,” ucap Sudjarwo.


Baca juga: PLN NTB siapkan sistem suplai listrik berlapis untuk WSBK Mandalika
Baca juga: Dukung ekosistem kendaraan listrik, PLN perbanyak SPKLU di NTB

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023