Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka kategori pejabat publik dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI pada malam Gemilang Perpusnas 2023.

"Saya haturkan terima kasih kepada jajaran Kementerian PPPA dan juga Perpusnas RI atas penghargaan luar biasa yang diberikan," kata Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Kamis.

Menurut Bintang Puspayoga, penghargaan yang diterima berkaitan dengan komitmen dan kebijakan yang ditetapkan dalam hal pemberdayaan perpustakaan oleh para perempuan dan anak di provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Bintang Puspayoga mengatakan kehadiran perpustakaan merupakan salah satu upaya dalam pemenuhan hak anak atas informasi.

Baca juga: Enam pejabat publik raih penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka

Dalam rangka mewujudkan pemenuhan hak anak atas Informasi Layak Anak (ILA), Kementerian PPPA telah mengembangkan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) yang dapat dikembangkan dari perpustakaan dan layanan-layanan informasi lainnya yang dikhususkan bagi anak, seperti taman bacaan, pojok baca, dan taman cerdas.

"Kementerian PPPA bersama Perpusnas RI telah menghadirkan perpustakaan sebagai pusat informasi sahabat anak-anak Indonesia sebagai langkah untuk memenuhi hak anak atas informasi yang layak, sekaligus meningkatkan literasi dan kegemaran membaca anak," kata Bintang Puspayoga.

Nugra Jasa Dharma Pustaloka kategori pejabat publik adalah suatu penghargaan yang diberikan kepada pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) dan pimpinan daerah (gubernur, bupati, walikota, camat, dan lurah) yang memiliki komitmen tinggi dalam memajukan perpustakaan untuk menunjang pembudayaan kegemaran membaca dan literasi di wilayahnya.

Baca juga: Perpusnas bakal beri penghargaan pada penggerak budaya membaca
Baca juga: Perpusnas beri penghargaan pada 24 penulis buku
 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023