Ia sangat baik bahkan ketika tidak memegang bola...
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Indonesia Warriors, John Todd Purves, mengakui timnya mewaspadai peran penting Justin Melton di kubu Westports Malaysia Dragons menjelang pertemuan ketiga babak playoffs Liga Bola Basket ASEAN (ABL) di MABA Stadium, Malaysia, Rabu (29/5).

"(Melton) adalah pemain yang sangat, sangat baik. Kami mungkin tidak bisa menghentikan dia, tapi kami harus berupaya dan membendung dia sebisanya," kata Purves dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Melton merupakan pemain yang berperan mengembalikan kepercayaan diri Dragons kala menjalani laga kedua setelah timya tampil kurang menggigit di laga pertama.

Meskipun tetap harus menelan kekalahan di laga kedua, Melton menyumbangkan 28 angka, lima rebound, tiga assist dan tiga steal. Sebelumnya di laga pertama ia juga menjadi pengemas poin terbanyak dengan lebih sedikit jumlah total yaitu 19 angka disertai catatan tujuh rebound, lima assist dan empat steal.

Melton seolah mengambil alih peran sentral di Dragons setelah Marcus Hubbard menderita demam dan Gavin Edwards masih berusaha memberikan sumbangsih terbaiknya.

Warriors hanya berjarak satu kemenangan sebelum mereka bisa memastikan diri untuk mencapai babak final ABL 2013, namun upaya tersebut boleh jadi akan terganjal apabila Melton mampu membawa timnya memenangi laga di MABA Stadium, Rabu (29/5).

Oleh karena itu, Purves juga menyatakan telah bersiap untuk memberi instruksi beberapa pemain untuk menjaga dia ketika berada dalam situasi bertahan.

"Ia sangat baik bahkan ketika tidak memegang bola, maka kami akan mengerahkan beberapa pemain untuk menjaganya dan sedikit berusaha memberinya situasi berbeda," ujar dia menambahkan.

Warriors akan melawat ke kandang Dragons di MABA Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu (29/5) untuk menjalani laga ketiga babak playoffs yang menggunakan sistem "best of five" atau pemenang tiga laga berhak melangkah ke fase selanjutnya.

Pada dua laga awal yang berlangsung di kandang Warriors di Gedung Britama Arena, Mahaka Square, Jakarta, tim tuan rumah berhasil memanfaatkan dukungan publiknya sendiri dengan menyapu bersih dan untuk sementara unggul 2-0.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013