Medan (ANTARA) - Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Pusat menilai Sumatera Utara, khususnya Kota Medan memiliki banyak bibit-bibit atlet basket 3x3 berbakat yang sangat potensial ke depannya menjadi atlet berprestasi, bukan hanya membawa harum nama daerah namun juga nasional.

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Perbasi Bidang 3x3 dan Mini Basket Jamin Mottotoran di Medan, Rabu, mengatakan, dewasa ini perkembangan olahraga basket khususnya 3x3 sudah berkembang pesat di Sumut.

Terbukti pada kejuaraan basket Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 Regional Sumatera yang digelar di GOR Veteran Medan, 27-28 April dan partai final di Lapangan Benteng Medan pada 1 Mei 2024, ada 136 tim yang turut bersaing menjadi yang terbaik.

"Kami melihat banyak bibit-bibit berbakat yang muncul. Potensi ini harus bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya agar ke depan Sumatera Utara bisa menjadi salah satu daerah yang banyak melahirkan pebasket handal khususnya di 3x3," katanya.

Baca juga: Calon peserta membeludak untuk daftar turnamen Mandiri 3X3 di Medan

Untuk itu ia meminta kepada Perbasi Sumut untuk lebih banyak menggelar kompetisi basket kelompok umur, baik 5x5 maupun 3x3. Karena memang kompetisi menjadi salah satu dasar untuk mengasah kemampuan atlet sehingga benar-benar terasah dan pada akhirnya melahirkan atlet-atlet berkualitas.

"Kami melihat Sumatera Utara sudah menjadi salah satu daerah terbaik dalam pembinaan terhadap atlet dan Pengprov Perbasi Sumut juga sudah lebih banyak menggelar berbagai kompetisi jika dibanding daerah lain," katanya.

Itu pula yang menjadi salah satu alasan mengapa Perbasi Pusat untuk pertama kalinya menggelar kejuaraan basket Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 di luar Jawa dengan menunjuk Kota Medan sebagai kota tuan rumah.

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament tahun ini memasuki tahun ketiga. Pada dua edisi sebelumnya, pelaksanaan terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Baca juga: Kompetisi 3x3 di luar Jawa kembangkan talenta basket secara nasional

Selanjutnya: Pada edisi

Pewarta: Juraidi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024