Betul (KMP BRR) dokcing, kemarin sore berangkat. Saat ini pelayanan Ulee Lheu-Balohan menggunakan KMP Aceh Hebat 2
Banda Aceh (ANTARA) - PT Persero ASDP Indonesia Ferry Cabang Banda Aceh menyebutkan penyeberangan rute Banda Aceh-Sabang PP saat ini hanya dilayani satu kapal yaitu Kapal Motor Aceh Hebat 2.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh Rudy B Hanafiah di Banda Aceh, Kamis, menyebutkan KMP BBR yang selama ini juga melayani rute Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan Sabang harus menjalani perawatan (docking), sehingga pelayanan penyeberangan kepada masyarakat untuk sementara hanya satu kapal.

“Betul (KMP BRR) dokcing, kemarin sore berangkat. Saat ini pelayanan Ulee Lheu-Balohan menggunakan KMP Aceh Hebat 2,” kata Rudy B Hanafiah.

Ia menjelaskan KMP BRR menjalani perawatan di PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Sabang.

Perawatan tersebut merupakan kewajiban bagi ASDP selaku operator kapal, dalam upaya menjaga kontinuitas dan keselamatan kapal serta pengguna jasa pelayaran.

Baca juga: Penyeberangan ke Pulau Aceh pakai kapal kayu karena KMP Papuyu docking

Baca juga: KMP Aceh Hebat 1 kembali berlayar dari Calang ke daerah kepulauan


Selama KMP BRR menjalani docking, kata dia, pelayanan penyeberangan Banda Aceh-Sabang dilayani oleh KMP Aceh Hebat 2, dengan pola operasi empat trip untuk Senin-Kamis dan Sabtu serta lima trip untuk Jumat dan Minggu.

“KMP BRR menjalani docking rutin. Estimasi docking selama 25 hari. Sejauh ini kondisi penyeberangan Sabang-Banda Aceh berjalan lancar, tidak ada stagnasi,” kata Rudy.

Sebelumnya, ASDP Cabang Banda Aceh juga telah melakukan docking KMP Papuyu pada awal September 2023, yang melayani rute penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh ke Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar.

KMP Papuyu melayani penyeberangan ke Lamteng dan Serapung, Pulau Aceh. Menurut dia, penyeberangan KMP Papuyu ke Pulau Aceh yakni Pulau Breuh dan Pulau Nasi merupakan pelayaran perintis dengan mekanisme kontrak subsidi per tahun.

Sebelumnya, ASDP Cabang Banda Aceh juga telah melakukan pemeliharaan terhadap KMP Aceh Hebat 2 pada awal Januari 2023.

Selama ini penyeberangan Sabang-Banda Aceh dilayani dua kapal yakni KMP Aceh Hebat 2 dengan kapasitas 340 orang, sementara KMP BRR berkapasitas 250 orang.

Baca juga: ASDP sebut arus penumpang dari Sabang ke Banda Aceh masih padat

Baca juga: Penumpang kapal Aceh Hebat 2 tujuan Sabang melompat ke luat

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023