Tolong dibantu melalui media agar pelaku sadar, kita kan sudah susah-susah ngebangun, jangan dicoret-coret. Emang apa maksudnya corat-corat gitu? tidak ada manfaat apapun
Kota Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergerak melawan aksi vandalisme yang kerap marak dan merusak estetika di Kota Bandung.

“Tolong dibantu melalui media agar pelaku sadar, kita kan sudah susah-susah ngebangun, jangan dicoret-coret. Emang apa maksudnya corat-corat gitu? tidak ada manfaat apapun,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna saat ditemui di Bandung, Kamis.

Ema mengatakan pelaku vandalisme hanya merusak estetika kota bukan sebagai bentuk ekspresi yang melahirkan karya seni.

“Itu jelas bukan bentuk ekspresi, tidak ada manfaatnya. Kalau itu jadi barang seni ya oke lah, tapi ini kan enggak. Sadar lah,” katanya.

Oleh karena itu ia meminta pada para pelaku untuk memanfaatkan Taman Vandalisme sebagai ruang publik yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan aksi vandalisme guna mencegah aksi corat coret di tempat lain yang mengganggu estetika kota.

Baca juga: Pemkot Bandung gandeng berbagai komunitas hidupkan Teras Cihampelas

Lebih lanjut Ema menegaskan Pemkot Bandung akan terus memantau dan menindak tegas para pelaku vandalisme yang kerap kali mengganggu keindahan kota.

“Iya makanya, kita tidak akan pernah bosan mengimbau dan kita akan proses para pelanggar karena bagaimanapun juga aturan bukan hanya gertakan, tapi harus ditegakkan,” ujarnya.

Dia juga meminta kepada aparat kewilayahan untuk memantau pergerakan para pelaku tersebut untuk langsung memberi tindakan.

“Itu sudah sepatutnya jadi tugas harian, tapi memang masih ada keterbatasan, makanya kita akan optimalkan dengan CCTV dan sebagainya,” kata Ema.

Sementara itu di media sosial sempat ramai dibahas terkait aksi vandalisme yang terjadi di Jembatan Layang Prof Mochtar Kusumaatmadja, Kota Bandung, yang baru saja selesai direvitalisasi sudah langsung dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Pemkot Bandung: Program Tumbler 7 dukung gerakan ekonomi sirkular
 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023