Kami hadir dengan tujuan utama meningkatkan kapabilitas UMKM hingga go global.....
Pekanbaru, (ANTARA) - Rumah Badan Usaha Milik Negara dan Bank Rakyat Indonesia serta Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Riau, dibantu Relawan Mahasiswa dari Universitas Riau menyelenggarakan pelatihan literasi digitalisasi untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Pelatihan diselenggarakan di Menara BRI di Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru, Kamis.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 200 pelaku UMKM binaan Rumah BUMN se-Riau dan diselenggarakan secara "hybrid" atau sebagian tatap muka dan sisanya secara daring.

"Kami hadir dengan tujuan utama meningkatkan kapabilitas UMKM hingga go global. Digitalisasi adalah salah satu yang harus dicapai agar UMKM memiliki daya saing di tingkat nasional maupun internasional," kata CEO Rumah BUMN Riau Dian Pratomo kepada pelaku UMKM yang hadir.

Baca juga: Rumah BUMN Aceh inisiasi pelatihan untuk 118 UMKM perempuan

Disebutkan Dian, Rumah BUMN sendiri merupakan wadah sinergi untuk membangun ekonomi kerakyatan di bidang UMKM. Kementerian BUMN menunjuk BUMN seperti Pertamina, BRI, PT Pos Indonesia dan lainnya sebagai pembina rumah BUMN di lokasi yang telah ditunjuk.

"Dengan sinergi antara BUMN, harapannya keberadaan BUMN untuk masyarakat dapat dirasakan," lanjutnya.

Acara ini diisi oleh pemateri ahli di bidang digitalisasi dan teknologi yang akan memberikan wawasan dan panduan praktis kepada para peserta. Selain itu para peserta juga akan diberikan akses ke sumber daya digital yang dapat membantu dalam mengembangkan bisnis UMKM mereka.

"Kami sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari pelatihan kolaboratif ini. Kami yakin literasi digitalisasi membuat pelaku UMKM mampu bersaing di pasar yang semakin digital," tambah Citra dari Department Head Business BRI Pekanbaru

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023