Banda Aceh (ANTARA) - Polresta Banda Aceh memastikan kesiapan pengamanan Pemilu 2024 di ibu kota Provinsi Aceh itu, karenanya terus dilakukan peningkatan pengetahuan serta kemampuan para personel Polri di wilayah hukum setempat.

"Kita terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel dalam menjaga keamanan dan kelancaran penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di wilayah hukum Polresta Banda Aceh," kata Kepala Polresta Banda Aceh, Komisaris Besar Polisi Fahmi Irwan Ramli, di Banda Aceh, Aceh, Kamis.

Baca juga: Polda Kalimantan Utara siapkan pengamanan pemilu serentak 2024

Dalam rangka peningkatan kemampuan dan pengetahuan personel, Polresta telah melakukan kegiatan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka kesiapan pengamanan operasi Mantap Brata Seulawah 2023.

Simulasi penting sebagai upaya untuk memastikan kesiapan personel Polresta Banda Aceh dalam mengamankan pesta demokrasi lima tahunan tahun depan.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

“Sispamkota merupakan langkah strategis yang kami ambil untuk memastikan bahwa kami siap dan mampu menjaga keamanan selama proses Pemilu 2024," ujarnya.

Kata dia, dalam proses pelatihan tersebut, mereka membuatnya seakan-akan seperti sedang berlangsungnya proses pencoblosan suara oleh masyarakat sehingga tampak seperti kenyataan, baik dalam kondisi tenang, menengah, hingga kondisi merah atau anarkis.

Baca juga: Polri seleksi umur dan kesehatan personel pengamanan Pemilu 2024

"Strategi dan teknis pelaksanaan pengamanan dilakukan sesuai dengan SOP yang tentunya berdasarkan undang-undang maupun peraturan Kapolri," kata Fahmi.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengimbau agar masyarakat tidak ragu menggunakan hak pilihnya, karena Polri siap melakukan pengamanan maksimal. "Semua pihak kita harapkan wajib bergandengan tangan untuk memastikan kelancaran dan keamanan agenda lima tahunan tersebut,"  kata dia.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023