Beijing (ANTARA) - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell akan berkunjung ke China atas undangan dari anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) sekaligus Menteri Luar Negeri Wang Yi.

Wang Yi mengatakan kedua belah pihak akan menggelar putaran ke-12 Dialog Strategis Tingkat Tinggi China-UE dalam kunjungan Borrell tersebut.

Meninjau bahwa tahun ini menandai peringatan ke-20 pembentukan Kemitraan Strategis Komprehensif China-UE, Wang mengatakan bahwa sejak awal tahun, para pemimpin China dan UE telah sering mengadakan pertukaran, dan dialog serta kerja sama telah dilakukan secara menyeluruh di berbagai tingkatan.

Ia menambahkan bahwa hubungan China-UE telah menunjukkan momentum pertumbuhan yang positif.

China menyambut baik kunjungan Perwakilan Tinggi Josep Borrell ke China dan kesempatan tersebut untuk mengadakan sebuah putaran baru Dialog Strategis Tingkat Tinggi China-UE.

"Hal ini akan berkontribusi pada pertumbuhan hubungan China-UE yang baik dan mantap, meletakkan dasar bagi interaksi tingkat tinggi di masa depan, serta menyegarkan kembali respons bersama terhadap berbagai tantangan global dan upaya perdamaian serta stabilitas global," ujar Wang.

Sebagai dua kekuatan besar dunia, pasar berskala besar, dan peradaban yang besar, Wang mengatakan bahwa China dan Eropa memiliki kepentingan bersama yang luas dalam perdamaian, stabilitas dan pembangunan dunia, serta kemajuan manusia, termasuk hubungan bilateral yang memiliki pengaruh dan signifikansi global.

"China siap bekerja sama dengan UE untuk tetap berkomitmen pada kemitraan strategis komprehensif kami, meningkatkan komunikasi strategis dan koordinasi kebijakan, meningkatkan rasa saling percaya, memperluas kerja sama, mengatasi berbagai gangguan, menyelesaikan perbedaan dengan baik, dan memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua negara dan dunia," tutur Wang.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023