Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga meraih empat penghargaan di ajang Merketeers Editor's Choice Award (MECA) 2023, penghargaan dewan editor Marketeers terhadap merek-merek yang selama setahun terakhir melakukan terobosan-terobosan kreatif dan inovatif dalam pemasaran.

Berbagai terobosan tersebut menjadi brand story yang pantas disebarluaskan.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina Patra Niaga Harsono Budi Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Kamis mengatakan penghargaan itu merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen Pertamina Patra Niaga yang konsisten untuk melakukan transformasi ke arah yang lebih baik serta melakukan praktik-praktik bisnis dan strategi yang menunjang keberlanjutan bisnis perusahaan ke depan.

"Penghargaan ini diharapkan menjadi spirit dan memacu Pertamina Patra Niaga untuk terus mengeluarkan inovasi, strategi, dan transformasi baru ke depannya. Hal ini juga dilakukan sebagai komitmen perusahaan dalam memberikan layanan yang terbaik untuk para pelanggan setianya," kata Harsono.

Adapun, ajang Marketeers Editor's Choice Award 2023 diselenggarakan di Jakarta, Selasa (10/10).

Empat penghargaan tersebut, yakni Turbo Ultimate Experience-Pertamina Grand Prix of Indonesia (kategori Customer Engagement through Gamification of the Year), MyPertamina Tebar Hadiah (kategori Loyalty Program in Mobile Apps of The Year), Bright Gas Cooking Competition (kategori Creative Activation Program of The Year), dan Jalur MyPertamina-PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel (kategori Local Service Solution of the Year).

Pertamina Patra Niaga menjelaskan program unggulan seperti Turbo Ultimate Experience, merupakan program gamifikasi dengan sistem penukaran poin MyPertamina lap (putaran penuh dalam lintasan).

Peserta dengan jumlah lap terbanyak akan mendapatkan hadiah, yaitu 10 orang mendapatkan hadiah VIP Ultimate Experience, tiket VIP royal box, akomodasi dan transportasi serta exclusive merchandise. Selain itu, 100 orang dengan lap terbanyak lainnya akan mendapatkan tiket nonton Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Kemudian, MyPertamina Tebar Hadiah ialah program loyalty berupa undian berhadiah sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna setia aplikasi MyPertamina. Dibagi dalam empat periode, mulai dari Juni sampai dengan September 2023 yang akan diundi setiap bulan.

Pelanggan dapat berkesempatan memenangkan hadiah mulai dari e-voucher, logam mulia, umrah, hingga satu unit Pajero Sport Dakar.

Selanjutnya, program Bright Gas Cooking Competition (BGCC) merupakan program unggulan dari produk Pertamina, yaitu Bright Gas, di mana BGCC tersebut merupakan kompetisi memasak untuk mencari dan menggali potensi "Chef Rumahan" di Indonesia. Mengusung tema "Masakan Rumahan Andalan Keluarga", sebanyak lebih dari 750 peserta dari seluruh Indonesia berpartisipasi di BGCC 2023.

Sementara, CEO Marketeers Iwan Setiawan mengatakan brand story yang kuat memiliki dua elemen pokok, yakni inovasi dan inspirasi. Di era sekarang, kata dia, keberhasilan sebuah strategi pemasaran setidaknya ditentukan oleh kemampuan merek membangun 3E, yakni engagement, experience, dan empowerment. Tiga hal itu pula yang mewarnai strategi pemasaran merek-merek yang memenangkan Merketeers Editor's Choice Award 2023.

"Engagement bisa dibangun melalui beragam cara seperti program loyalitas dan gamifikasi, aplikasi dan solusi digital maupun komunitas. Experience bisa diciptakan dengan brand activation, penguatan CX melalui teknologi digital, dan experience center. Sedangkan empowerment dilakukan melalui edukasi pelanggan, pemberdayaan UKM, dan program keberlanjutan," kata Iwan.

Penerapan strategi pemasaran tersebut berhasil membawa dampak positif bagi 41 pemenang di ajang Merketeers Editor's Choice Award 2023. Semua program yang menggunakan strategi tersebut telah memberikan dampak nyata bagi perusahaan, pelanggan, dan masyarakat.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga siapkan infrastruktur salurkan SAF di Indonesia
Baca juga: Pertamina Patra Niaga jamin stok energi aman dukung MotoGP Mandalika
Baca juga: Pertamina Patra Niaga beli perdana sertifikat kredit karbon

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023