Ya kalau memang sudah layak untuk diperiksa, dimintai keterangan sebagai saksi, ya kita akan minta keterangan
Jakarta (ANTARA) -
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menyebut ada peluang bagi pihaknya untuk memeriksa ketua KPK Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).
 
"Ya kalau memang sudah layak untuk diperiksa, dimintai keterangan sebagai saksi, ya kita akan minta keterangan. Nanti kita lihat," katanya saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat.
 
Karyoto menyebut Firli bakal dimintai keterangan berkaitan dengan kasus dugaan pemerasan. Polisi akan mencari kaitan antara Firli dengan kasus tersebut.
 
"Ya kaitannya dong. Ada atau tidak," jelas Karyoto.
 
Namun demikian, Karyoto tidak menjelaskan secara pasti kapan jadwal pemanggilan Firli akan dilakukan.
 
"Nanti penyidik akan menjelaskan kalau ada jadwal, saya nggak tahu secara detail," kata Karyoto.
 
Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat (13/10/2023). ANTARA/Ilham Kausar


Sementara itu Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebut bakal memanggil Firli Bahuri terkait kasus pemerasan.
 
"Nanti akan kita jadwalkan," kata Ade Safri saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat.
 
Namun Ade belum menjelaskan kapan pemanggilan tersebut dilakukan. Namun dia memastikan bakal memeriksa Ketua KPK tersebut.
 
Sebagai catatan Kevin Egananta selaku Aide de Camp (ADC) atau ajudan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri telah memenuhi panggilan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo pada Jumat.
 
Kemudian untuk sementara ini total saksi yang telah dilakukan pemeriksaan dalam kasus ini berjumlah 12 orang dalam tahap penyidikan.
 
Empat orang telah dipanggil penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya adalah mantan Menteri Pertanian SYL, sopir SYL, ajudan SYL dan Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar.
Baca juga: Ajudan Ketua KPK penuhi panggilan Polda Metro Jaya
Baca juga: Jokowi: Hormati langkah hukum KPK jemput paksa SYL
Baca juga: Dittipikor Bareskrim asistensi kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023