Pontianak (ANTARA) - Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro mengatakan, pihaknya telah mematangkan persiapan kegiatan Festival HAM Nasional tahun 2023 yang segera digelar di Kota Singkawang, Kalimantan Barat yang sudah mencapai 70 persen.

"Pemerintah Kota Singkawang bersiap menyambut dan melaksanakan Festival HAM Nasional tahun 2023 yang segera digelar di Kota Singkawang. Persiapan kita sudah sangat baiik dan per hari ini sudah diatas 80 persen,” kata Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro usai Rapat Persiapan Festival HAM di kantor Wali Kota, Jumat.

Baca juga: Singkawang terplih menjadi tuan rumah Festival HAM Nasional 2023

Dia menjelaskan, lebih dari 500 peserta dan undangan direncanakan akan hadir dari berbagai penjuru Indonesia.

Seperti diketahui, Kota Singkawang resmi menjadi tuan rumah Festival HAM Nasional tahun 2023. Acara ini akan digelar mulai dari 17 – 21 Oktober 2023 ini.

Sejumlah pejabat pemerintah pusat hingga daerah lainnya direncanakan hadir dalam acara Festival HAM Nasional di Kota Singkawang.

Baca juga: Kompolnas: Festival mural Polri bentuk penghormatan pada HAM

Sumastro mengatakan saat ini panitia hanya perlu memastikan nama tamu-tamu yang di rencakan hadir di acara tersebut nanti.

"Informasi sementara, tamu untuk sekelas Menteri yang hadir diantaranya Menteri Dalam Negeri (Tito Karnavian) dan Menteri PMK (Muhadjir Effendy)," tuturnya.

Baca juga: Kemenkumham: Ranham Indonesia jadi tolok ukur negara-negara lain

Sumastro menambhkan, ada beberapa aspek yang membuat Kota Singkawang dipilih sebagai lokasi even dengan temabesar Hak Asasi Manusia ini. Salah satunya adalah kota Singkawang telah berulangkali menyabet predikat Kota Tertoleran di Indonesia.

"Penghargaan Kota Paling Toleran dimaksudkan untuk mempromosikan praktik toleransi terbaik kota-kota di Indonesia. Indeks Kota Toleran (IKT) ditujukan untuk memberikan informasi tentang status kinerja pemerintah kota dalam mengelola kerukunan, toleransi, wawasan kebangsaan, dan inklusi sosial," katanya.

Baca juga: KSP: Program kerja pemerintah daerah harus merujuk pada HAM

Selain itu, Sumastro juga mengajak warga Kota Singkawang untuk memberikan kesan terbaik kepada seluruh peserta yang hadir nantinya.

"Misalnya dengan menunjukkan sikap toleran yang tinggi hingga menjaga keamanan dan kerukunan warga kota," tuturnya.

Baca juga: "100% Manusia Film Festival 2023" siap putar 62 film dari 18 negara
Baca juga: Kota Bogor bersiap jadi tuan rumah Festival HAM

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023