Jakarta (ANTARA/JACX) - Cuplikan gambar selama 40 detik yang beredar di TikTok, menampilkan sejumlah penerjun payung sedang terbang di langit. 

Para penerbang dengan parasut berwarna merah itu terlihat layaknya sedang "mengepung" sebuah gedung tinggi berwarna putih.

Sang pengunggah video juga mengklaim bahwa para penerjun payung tersebut adalah anggota kelompok militan asal Palestina atau Hamas, yang tiba di Israel.

Hamas, dalam rekaman itu, disebut tengah menerobos pertahanan Israel di wilayah perbatasan jalur Gaza menggunakan parasut.

"Pasukan Hamas yg terkenal dengan pasuka tak terlihat, senyap dan sangat ditakuti tentara Israel, berhasil menembus pertahanan Israel di wilayah perbatasan jalur Gaza menggunakan paralayang sebelum melakukan serangan tak terduga. Disaat para warga Israel sedang asik berpesta di gurun negev," demikian isi narasi yang menjelaskan video di TikTok tersebut.

Lalu, benarkah video di TikTok itu adalah Hamas yang berhasil menembus keamanan Israel dengan parasut?
 
Tangkapan layar video berisi narasi hoaks yang menyatakan Hamas tembus keamanan Israel dengan parasut (TikTok)


Penjelasan:
Video yang dimuat di TikTok, sehari setelah Israel menyatakan perang melawan Hamas pada 8 Oktober 2023 itu, ternyata diambil di atas gedung Akademi Militer Mesir, di Kairo.

Fakta ini didapatkan dari simbol dan tulisan di gedung yang terekam pada detik kesebelas video tersebut. Saat tulisan Arab di gedung tersebut diubah dalam Bahasa Inggris, keterangannya menjadi "millitary college".

Seorang pengguna platform X juga membenarkan gedung dalam rekaman itu adalah Akademi Militer Mesir, sembari menunjukkan gambar tulisan dan simbol identik dengan yang ada di TikTok.
 
Tangkapan layar yang memperlihatkan gambar Akademi Militer Mesir (X)

Dengan demikian, narasi yang menyatakan video tersebut merupakan aksi Hamas, yang masuk kawasan Israel adalah salah. 

Klaim: Video Hamas tembus keamanan Israel dengan parasut 
Rating: Hoaks

Baca juga: Israel seru warga sipil Palestina tinggalkan Gaza dalam waktu 24 jam

Baca juga: ICRC: Tanpa listrik, RS di Gaza bisa jadi kamar mayat

Baca juga: Korut sangkal senjatanya digunakan Hamas serang Israel






  

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023