Changchun (ANTARA) - China pada Rabu (11/10) memulai pembangunan teleskop radio apertur 40 meter di area Gunung Changbai di Provinsi Jilin untuk mendukung misi penjelajahan Bulan dan antariksa dalam (deep space) di masa depan.

Dikembangkan oleh Observatorium Astronomi Shanghai yang berada di bawah naungan Akademi Ilmu Pengetahuan China, instrumen optik tersebut dirancang untuk menjadi teleskop radio multiguna besar yang dapat digerakkan sepenuhnya dan berpresisi tinggi.

Para ilmuwan yakin bahwa area Gunung Changbai merupakan lokasi ideal untuk pengamatan menggunakan teleskop karena langitnya yang cerah dan iklimnya yang kering.

Setelah rampung dibangun nanti, teleskop baru tersebut akan membentuk jaringan dengan lima teleskop lainnya di seluruh China dan satu pusat pemrosesan data di Shanghai, sehingga meningkatkan kapasitas observasi negara itu dan melayani eksplorasi antariksa dalam secara lebih baik.

Fasilitas sains tersebut juga akan memperkuat penelitian astronomi radio China serta mendorong pencapaian yang lebih inovatif di berbagai bidang mutakhir, seperti lubang hitam supermasif dan dinamika galaksi.

Sebelumnya pada tahun ini, China mengumumkan akan melanjutkan penelitian Bulan dengan beberapa misi yang direncanakan, termasuk satu tugas untuk membawa 2 kilogram sampel dari sisi jauh Bulan ke Bumi.

Menurut pihak observatorium, pembangunan teleskop baru tersebut beserta stasiunnya akan rampung pada akhir 2024.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023