Jambi (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menanam sebanyak 1.000 bibit pohon mangrove di pinggiran sungai di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kasubid Penmas Humas Polda Jambi Kompol Mas Edy di Jambi, Jumat, mengatakan penanaman bibit pohon mangrove ini dilakukan di pinggiran Sungai Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur.

"Hari ini kami turun bersama untuk melakukan penanaman bibit pohon mangrove di pinggiran sungai yang ada di Sabak Barat. Dengan adanya penanaman pohon ini tentunya diharapkan bisa membantu menjaga kelestarian alam," kata Edy.

Baca juga: Polda NTT tanam 1.870 mangrove peringati HUT Humas Polri

Ia menyebutkan sebanyak 1.000 lebih bibit pohon ditanam di kawasan Tanjung Jabung Timur oleh personel polsek dan jajaran Polda Jambi secara bersamaan.

Langkah ini, kata Edy, menunjukkan komitmen Polri melaksanakan penghijauan melalui penanaman pohon.

Ia berharap beberapa waktu ke depan pohon-pohon di pinggiran sungai ini dapat tumbuh dan dirasakan manfaatnya oleh generasi selanjutnya.

Baca juga: Polda Bengkulu tanam 2.000 pohon peringati HUT Humas Polri

"Dipilihnya penanaman mangrove ini tentunya mengingat tanaman mangrove dapat menahan abrasi di pinggiran sungai dan akar mangrove sangat kuat dan tahan terhadap ombak sehingga pinggiran sungai tidak mudah terkikis," katanya.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjaga ekosistem di pinggiran sungai dan bisa diikuti oleh masyarakat sehingga keberlangsungan kelestarian alam tetap terjaga.

Penanaman pohon ini bukan kali pertama dilakukan oleh Polda Jambi, beberapa waktu lalu Polda Jambi bersama polres jajaran juga melakukan penanaman pohon di seluruh kabupaten kota di Provinsi Jambi.

Baca juga: Polda Kalsel tanam 1.850 bibit rambai dukung restorasi mangrove

Di Kota Jambi saat itu, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono memimpin penanaman pohon di kawasan wisata Danau Sipin Kota Jambi.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini dilaksanakan dalam rangka HUT Ke-72 Humas Polri.

Pewarta: Tuyani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023