Medan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Sumatera Utara dipercaya sebagai penyelenggara magang bagi lulusan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan.

"Program ini diikat dalam bentuk kerja sama dengan penandatanganan MoU antara rumah sakit vertikal dengan Poltekkes Kemenkes RI, difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, di Batam, Kamis (12/10)," ujar Direktur Utama RSUP HAM, dr Zainal Safri MKed (PD), di Medan, Sumatera Utara, Jumat.

Baca juga: RSUP Adam Malik operasi pemisahan bayi dempet dada dan perut

Ia mengatakan, bahwa kerja sama ini menjadi salah satu bentuk dukungan RSUP Haji Adam Malik sebagai rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan dalam bentuk sinergi Poltekkes Kementerian Kesehatan dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang baik. "Selain itu, untuk mewujudkan tenaga kesehatan yang kompeten dan unggul di Indonesia," tutur dia.

Ia melanjutkan rumah sakit ini juga sebagai tempat penyelenggara pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan dalam bidang kesehatan.

Baca juga: RS Adam Malik tak akan laporkan penyebar hoaks Covid-19

"Melalui program magang ini, maka setiap lulusan Poltekkes Kemenkes akan mendapatkan kesempatan untuk menambah wawasan dan pengalaman praktis melalui kegiatan di lingkungan rumah sakit," ucapnya.

Dengan demikian, menurut dia, para tenaga kesehatan yang baru lulus diharapkan dapat memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya di masa mendatang.

Baca juga: Bayi kembar siam dempet Adam dan Malik mulai jalani operasi

RSUP Haji Adam Malik menjadi penyelenggara program magang bagi lulusan dari Poltekkes Kemenkes Aceh dan Poltekkes Kementerian Kesehatan Medan. "Setiap lulusan nantinya akan mendapatkan kesempatan magang selama satu tahun dan menerima sertifikat jika dinyatakan memenuhi syarat yang telah ditetapkan," tuturnya.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023