Jayapura (ANTARA) - Komisi Informasi (KI) Pusat menyebut Kampung Ruar, Kabupaten Biak Numfor, Papua masuk nominasi 10 besar desa transparan di Indonesia.

Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Pusat, Syawaludin, di Jayapura, Papua, Jumat, mengatakan, setiap tahun melakukan apresiasi desa transparan se Indonesia.

Baca juga: Perkuat pendidikan di Papua Barat Daya, TNI berikan les privat

"Setelah dilakukan verifikasi dan berdasarkan usulan dari Komisi informasi di daerah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa maka Kampung Ruar menjadi salah satu wilayah di Papua yang masuk nominasi 10 besar desa transparan," katanya.

Menurut Syawaludin yang telah menemui Penjabat Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun, Kamis, pada awal November 2023 tim verifikasi gabungan KI Pusat, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri, Kemenpan RB dan Menkopolhukam akan berkunjung ke Kampung Ruar.

Baca juga: Satgas TNI bantu kembangkan pendidikan di Kampung Kisor

"Tim itu akan langsung datang ke kampung tersebut untuk melihat seperti apa desa itu membangun dalam konteks transparan serta dampak yang ditimbulkan kepada masyarakat," ujarnya.

Ia berharap hasil kunjungan tim akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di Kampung Ruar. "Karena hasil dari pada kunjungan itu nantinya akan dinilai kembali di tingkat nasional bersama dengan 10 desa lainnya," katanya.

Baca juga: Satgas Yonif bantu kebutuhan air bersih warga di perbatasan Papua

Ia menambahkan, mereka ingin melihat kampung di Papua bisa berada di peringkat pertama pada 2023 namun bisa masuk dalam10 besar desa transparan dari ratusan kampung di Indonesia itu sudah menjadi suatu kebanggaan bagi KI Pusat.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023