Jakarta (ANTARA) -
Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid mengatakan semburan air bercampur gas yang terjadi di Kampung Leuwi Kotok, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merupakan fenomena geologi umum seperti yang mungkin terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

"Munculnya beberapa semburan air bercampur gas pada sumur bor masyarakat secara geologis merupakan fenomena yang umum," katanya saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Menurutnya gas tersebut berdasarkan referensi umumnya merupakan gas biogenik yang sering muncul di rawa atau sawah, sehingga disebut gas metan sawah atau gas metan rawa, sesuai yang telah diidentifikasi oleh Perusahaan Gas Negara (PGN).

Gas tersebut dihasilkan dari aktivitas dekomposisi material organik di suatu rawa-rawa pada masa lampau kemudian di bawah permukaan akan terakumulasi dan tertangkap pada kantong-kantong dengan sebaran yang relatif tidak luas.

"Umumnya terperangkap pada lapisan sedimen yang berumur muda (kurang dari ​​​10.000 tahun) dan muncul ke permukaan sebagai semburan biasanya akibat tertembusnya lapisan perangkap gas tersebut pada kedalaman tertentu," kata dia.


Baca juga: Badan Geologi paparkan pemicu semburan air bercampur gas di Bogor
Baca juga: Dinas ESDM Jabar tangani semburan gas akibat gali sumur 130 meter


Melihat kejadian serupa sebelumnya, ia memperkirakan bahwa semburan air bercampur gas tersebut tidak akan berlangsung lama sekira satu hingga dua bulan ke depan.

Hal itu disebutnya sangat memungkinkan berdasarkan kondisi geologi lokasi munculnya semburan yang berada pada Kipas Aluvium dan tersusun atas lempung, lanau, batu pasir, kerikil, dan kerakal.

"Batuan tersebut terbentuk oleh aktivitas sungai yang berasosiasi dengan rawa-rawa," kata Wafid.

Badan Geologi melalui Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan berencana akan melakukan kunjungan lapangan pada lokasi semburan tersebut untuk melakukan pengukuran sifat kimia-fisika di lapangan dan analisis hidrokimia di laboratorium.

Semburan air bercampur gas muncul di tengah permukiman warga di Kampung Leuwi Kotok, Desa Pasirlaja, Kecamagan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Rabu (11/10/2023). Semburan air itu muncul setelah ada pengeboran sumur bor sedalam 130 meter.


Baca juga: Semburan gas ditemukan di Desa Simbur Naik Tanjabtim Jambi
Baca juga: Badan Geologi duga gas biogenik picu semburan api di Tol Cipali

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023