Jakarta (ANTARA) - Emisi gas rumah kaca yang terus meningkat berpotensi menyebabkan krisis air. Informasi yang disampaikan oleh BMKG itu menjadi salah satu berita terpopuler di kanal humaniora dan warta bumi Antaranews.com sepanjang Jumat kemarin (13/10/2023).

Selain itu, peristiwa kebakaran tempat pembuangan sampah yang terjadi di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, juga menarik untuk dibaca. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat membagikan logistik dan masker agar asap kebakaran tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan masyarakat terdampak.

Berikut rangkuman berita terpopuler selengkapnya:

Kepala BMKG: Peningkatan emisi gas rumah kaca dapat memicu krisis air

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan peningkatan emisi gas rumah kaca dapat berdampak pada fenomena perubahan iklim yang akhirnya memicu krisis air.

Kenaikan suhu udara mengakibatkan proses pemanasan global terus berlanjut dan berdampak pada fenomena perubahan iklim yang juga dapat memicu krisis pangan dan bahkan krisis energi, serta meningkatnya frekuensi, intensitas, dan durasi, kejadian bencana hidrometeorologi.

Baca selengkapnya di sini.


Peneliti UGM manfaatkan lempung untuk olah kotoran sapi jadi 'bio oil'

Peneliti sekaligus dosen Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Hanifrahmawan Sudibyo memanfaatkan mineral lempung sebagai katalis untuk mengolah kotoran sapi menjadi bio oil sebagai sumber energi alternatif.

Baca selengkapnya di sini.

Kemenkes: Kesehatan mata berpengaruh terhadap produktivitas masyarakat

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eva Susanti mengatakan kesehatan mata berpengaruh terhadap kualitas individu dan produktivitas masyarakat.

Baca selengkapnya di sini.

BP2MI ajak pekerja migran bekerja profesional di negara penempatan

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani meminta para Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk menunjukkan profesionalisme di negara penempatan.

Baca selengkapnya di sini.

BPBD Lampung siap bantu masker bagi masyarakat terdampak kebakaran TPA

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung siap membantu logistik dan masker bagi masyarakat terdampak kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung, Kota Bandar Lampung yang mengalami kebakaran pada Jumat (13/10/2023) malam.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023