Salah satu upaya yang kami lakukan ini adalah untuk membantu pemerintah mengurangi angka kemiskinan terutama bagi para petani yang tidak mampu untuk mengolah lahan mereka. Selain traktor kami juga akan berikan bantuan berupa pengadaan pupuk dan benih
Banyumas (ANTARA News) - Petani Indonesia harus sejahtera dan bisa meningkat kondisi perekonomiannya, sehingga perlu keterlibatan semua pihak termasuk partai politik, untuk memberdayakan petani Indonesia.

"Berkaca dengan kondisi inilah mendorong Partai Amanat Nasional ikut ambil bagian dalam menyejahterakan petani melaui program Aksi Nyata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Indonesia, " kata Ketua KPPN DPP PAN Putra Jaya Husin di sela-sela pemberian bantuan alat-alat pertanian kepada masyarakat pedesaan di Banyumas, Jateng, Rabu.

Dalam keterangan tertulisnya, Putra Jaya mengatakan upaya program tersebut juga ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di seluruh Indonesia., karena selama ini banyak partai politik yang hanya memanfaatkan masyarakat di kala menjelang pemilu.

"Salah satu upaya yang kami lakukan ini adalah untuk membantu pemerintah mengurangi angka kemiskinan terutama bagi para petani yang tidak mampu untuk mengolah lahan mereka. Selain traktor kami juga akan berikan bantuan berupa pengadaan pupuk dan benih yang unggul," ujarnya.

Menurut Putra Jaya, persoalan pertanian di Indonesia sangat kompleks, mulai dari gagal panen, persoalan hama, ketika panen harga jual merosot dan terkadang pupuk menghilang di pasaran, serta kendala  buruknya pengairan, lahan yang kurang gembur, yang a berdampak langsung pada penurunan kualitas dan kuantitas produk pertanian, sehingga petani memerlukan pendampingan.

"Inilah yang dibutuhkan masyarakat petani dimana mereka butuh pendampingan langsung untuk diberikan bantuan solusi terhadap persoalan petani’," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Banyumas Ahmad Saeful Hadi mengatakan gerakan aksi nyata petani ini akan di ikuti gerakan serupa yang akan dilakukan seluruh Indonesia.

"Bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat ini akan menyentuh seluruh lapisan masyarakat agar mereka bisa lebih mandiri dan mendapatkan kehidupan yang lebih layak," tegas Ahmad.

Program "Aksi Nyata" untuk petani memberikan bantuan modal dan perlengkapan bertani untuk masing-masing kelompok tani seperti pemberian mesin traktor, mesin pompa, serta pemberian caping dan baju lengan panjang untuk setiap petani di Desa Karangjati.

Dengan program Aksi Nyata untuk petani itu diharapkan dapat meningkatkan hasil panen dan melipatgandakan penghasilan yang didapatkan oleh para petani, sehingga kemandirian dan kesejahteraan hidup para petani akan tercapai, kata Ahmad.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013