Acara tersebut sangat relevan dengan para pemuda yang tetap konsisten menyuarakan aspirasi dari masyarakat
Pamekasan (ANTARA) - Madura Millenial Institut (MMI) menggelar diskusi publik bertema "Era Transformasi BUMN" di Pamekasan Jawa Timur Sabtu, bertujuan untuk membuka wawasan dan cakrawala berfikir generasi millenial tentang dunia usaha dan dukungan kebijakan pemerintah agar Badan Usaha Milik Negara tersebut bisa go global.

Acara itu menghadirkan pemateri di antaranya influencer dan owner Sahabat Pinggiran Ali Zaid, aktivis ekonomi syariah Moh. Zainuri, dan aktivis perempuan Serly Hikmatus S,  serta dihadiri oleh millenial Madura dari kalangan mahasiswa Al Khairat, Universitas Madura, dan IAIN Madura.

Ketua Madura Millenial Institut Moh. Aliful Muhlis menyampaikan, Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akhir-akhir ini melakukan sebuah transformasi dalam mendukung Indonesia go Global.

"Kinerja Erick Thohir dalam memimpin BUMN sangat masif dan progresif, terbukti dengan BUMN menjadi katalis layanan keuangan digital dan juga seluruh kontribusi harus langsung kepada masyarakat, ini merupakan salah satu representasi yang luar biasa sebagai pemimpin yang bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat," katanya.

Erick Thohir, kata Aliful Muhlis, merupakan profesional dan pengusaha yang membawa kultur profesionalismenya saat diberikan amanah oleh presiden. Salah satunya, keberanian untuk komitmen antikorupsi, mengungkap penyelewengan di BUMN dana pensiun. "Erick Thohir juga pernah membuat geger saat 2019 berani memberhentikan Dirut Garuda yang terlibat kasus penyelundupan. Erick Thohir menurut kami adalah kandidat Cawapres terkuat saat ini," kata Muhlis.

Muhlis melanjutkan, transformasi tersebut perlu dukungan dari beberapa pihak agar cita-cita tersebut dapat terlaksana, maka Madura Millenial Institut mengadakan sebuah diskusi publik dengan tema 'Era Transformasi BUMN'.

"Maksud dan tujuan diadakannya diskusi publik Era Transformasi BUMN, bahwa acara tersebut sangat relevan dengan para pemuda yang tetap konsisten menyuarakan aspirasi dari masyarakat," katanya.

Pada acara diskusi publik tersebut banyak menyajikan kajian ilmiah terkait perkembangan BUMN. Bagaimana peran Badan usaha milik Negara ini mampu menjawab segala tantangan yang sedang dihadapi oleh negara, sesuai yang di sampaikan oleh salah satu pemateri, Mohammad Zainuri yang mengatakan BUMN sudah cukup mumpuni untuk meningkatkan perkembangan negara.

"BUMN memiliki tim yang sangat baik sehingga mampu memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap perkembangan negara," katanya.

Sementara pemateri lainnya, Ali Zaid juga memberikan pemahaman kepada peserta (audience) tentang BUMN yang notabenenya bukan mitra masyarakat melainkan suplai negara untuk rakyat.

"BUMN bukan mitra rakyat tapi suplai terhadap negara, dan negara suplai terhadap rakyat, dan saya acungkan dua jempol kepada Erick Thohir yang telah berhasil bersih-bersih BUMN dari banyaknya kasus korupsi," katanya.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023