Kami juga menambahkan papan informasi sehingga pengunjung yang datang dapat melihat proses ekskavasi
Ambon (ANTARA) - Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XX berkolaborasi dengan peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan ekskavasi atau penggalian arkeologis penyelamatan informasi sisa-sisa struktur di sekitar Benteng Hollandia di Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Ketua Tim Ekskavasi Benteng Hollandia, Sandy Maulana Yusuf, mengatakan kegiatan ekskavasi bertujuan melacak kembali struktur lama yang tampak pada denah yang dibuat pada tahun 1651.

"Dimana beberapa struktur di dalam benteng kini sudah tidak terlihat," katanya di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan Ekskavasi dilakukan mulai 30 September hingga 13 Oktober 2023 sebagai bagian perlindungan cagar budaya terkait sisa-sisa struktur yang ada di sekitaran Benteng Hollandia.

Dalam kegiatan ini, kata dia, tim mengupas lapisan tanah pada bagian dalam benteng. "Dari hasil kegiatan ini, kami berhasil menemukan struktur yang selaras dengan denah lama, utamanya di dekat dinding selatan benteng," katanya.

Baca juga: BPK wilayah XX ekskavasi sisa struktur Benteng Amsterdam Malteng

Ia menyatakan jejak yang dijumpai tim umumnya berupa struktur dinding yang terbuat dari susunan batu yang direkatkan dengan bahan kapur. Selain itu ditemukan pula struktur yang terindikasi merupakan bekas struktur lantai.

Sandy menyatakan ada yang berbeda dalam proses ekskavasi yang dilakukan kali ini. Umumnya setelah ekskavasi dilakukan, maka kotak galian akan ditutup. Untuk kali ini, pihaknya tetap membuka kotak galian yang berisi temuan struktur lama, guna menjadi sarana edukasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Benteng Hollandia.

Sebagai pelengkap, kata dia, pada tiap sisi kotak ekskavasi diletakkan papan informasi yang memuat denah lama beserta larangan bagi pengunjung untuk tidak masuk ke dalam kotak.

"Kami juga menambahkan papan informasi sehingga pengunjung yang datang dapat melihat proses ekskavasi," katanya.

Kegiatan ekskavasi yang dilakukan BPK Wilayah XX tahun 2023 telah dilaksanakan di tiga lokasi, yang pertama di Benteng Amsterdam di Negeri Hila, yang kedua di Benteng Duurstede di Kecamatan Saparua, dan terakhir di Benteng Hollandia di Banda.

Baca juga: BPK Wilayah XX lacak struktur lama benteng Duurstede
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023