inti hasil kerja HLP yang diserahkan ke PBB besok adalah upaya menghapus kemiskinan sedunia melalui pembangunan berkelanjutan"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam akun twitternya @SBYudhoyono mengatakan pertemuan Panel Tingkat Tinggi membahas program pascaMDG`s yang dipimpinnya di New York berlangsung dengan lancar dan menghasilkan keputusan yang baik.

"Sore ini, saya memimpin pertemuan terakhir Panel Tingkat Tinggi di Markas PBB New York. Alhamdulillah lancar dan hasilnya baik," kata Presiden pada Rabu dalam tweetnya.

Kepala Negara mengatakan konsensus pembahasan mengenai pengurangan kemiskinan melalui pembangunan berkelanjutan sudah disepakati dan akan diserahkan pada Sekjen PBB Ban Ki-moon.

"Setelah sembilan bulan bekerja dan melalui perdebatan yang seru akhirnya konsesus tercapai. Besok saya akan serahkan HLP report pada Sekjen PBB," kata Presiden.

Ia menambahkan,"inti hasil kerja HLP yang diserahkan ke PBB besok adalah upaya menghapus kemiskinan sedunia melalui pembangunan berkelanjutan".

Sebelumnya seperti dilaporkan wartawan Antara Gusti Nur Cahya Aryani dari New York, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin pertemuan terakhir panel tingkat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait Agenda Pembangunan pasca2015 yang bertema "The Way Forward and Political Consensus".

Pertemuan itu dilakukan di Ruang Konferensi 6 North Lawn Buiding, Markas Besar PBB, New York, Rabu sore waktu setempat atau Kamis dinihari WIB.

Sebagaimana diketahui Presiden Yudhoyono bersama dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf telah diminta oleh Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon untuk memimpin panel tingkat tinggi PBB yang membahas agenda pembangunan pasca2015.

Namun dalam pertemuan terakhir kali ini Perdana Menteri Inggris dan Presiden Liberia berhalangan hadir. Mereka diwakili oleh Wakil Presiden Liberia Joseph Nyuma Boakai dan Menteri Pembangunan Internasional Inggris Justine Greening. (P008/A011)

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013