IP memainkan peranan penting
Dalian, China (ANTARA) - Transformasi digital China mendapatkan sokongan dari pertumbuhan paten di industri ini, demikian disampaikan regulator kekayaan intelektual (intellectual property/IP) negara tersebut pada Sabtu (14/10).

Xinhua melaporkan, jumlah paten penemuan yang diberikan di sektor-sektor inti ekonomi digital China tumbuh pada tingkat rata-rata tahunan sebesar 18 persen selama periode 2016 hingga 2022.

Adapun jumlah total paten penemuan yang valid di sektor-sektor tersebut mencapai 1,6 juta hingga akhir 2022, kata Kepala Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional (National Intellectual Property Administration/NIPA) China Shen Changyu. Jumlah tersebut menyumbang 38 persen dari volume paten di negara itu.

Hal ini disampaikan oleh Shen pada Pameran Paten Internasional China ke-13 yang berlangsung di Dalian, Provinsi Liaoning.

China meningkatkan upaya untuk membangun sistem paten yang lebih baik, yang berperan penting dalam kontribusinya pada transformasi digital, kata Shen, sembari menyoroti aturan pemeriksaan paten yang telah disempurnakan untuk teknologi baru seperti Internet, mahadata, dan kecerdasan buatan.

Ekonomi digital China juga mendapatkan pengakuan internasional. Dalam pidatonya melalui tautan video, Direktur Jenderal Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia Daren Tang mencatat bahwa ekonomi China telah bertransformasi menjadi salah satu mesin inovasi, kreativitas, dan teknologi yang paling kuat di dunia.

"China berkembang menjadi pengekspor barang kreatif terkemuka dari negara berkembang, dan IP memainkan peranan penting dalam kisah pertumbuhan ini," imbuh Tang.
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023