Kemungkinan karena ada acara di Bali, sehingga beliau cancel kehadiran. Di sana akan hadir tamu dari berbagai negara
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) batal menonton ajang MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, karena menghadiri acara kenegaraan di Bali.

"Kemungkinan karena ada acara di Bali, sehingga beliau cancel kehadiran. Di sana akan hadir tamu dari berbagai negara," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Malady, Minggu.

Baca juga: Bagnaia kembali ke puncak setelah menangi MotoGP Indonesia

Ia mengatakan, ajang MotoGP Mandalika 2023 ini akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno untuk menyaksikan para joki kuda besi beradu kecepatan di Sirkuit Mandalika.

"Hadir juga Ganjar Pranowo didampingi TGB Muhammad Zainul Majdi," katanya.

Jajaran TNI-Polri menggelar apel pasukan dalam rangka memastikan keamanan dan ketertiban kedatangan Presiden Jokowi pada ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, 15 Oktober 2023.

"Segala aspek keamanan telah dipersiapkan dengan matang," kata Dansubsatgas Sirkuit Mandalika, Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara.

Dansubsatgas Sirkuit yang bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban di sekitar sirkuit, menyatakan bahwa tim keamanan telah bekerja sama erat dengan pihak terkait guna memastikan kegiatan berlangsung lancar dan aman.

Sesuai dengan instruksi dan arahan serta garis komando, kami telah memastikan bahwa semua langkah keamanan yang diperlukan telah dilakukan mulai dari perencanaan, persiapan hingga akhir kegiatan yang akan dilaksanakan.

Baca juga: Veda ungkap kunci dominasinya di IATC 2023 Mandalika

"Kami bersama tim telah meningkatkan pengawasan di sekitar area sirkuit, memasang peralatan keamanan tambahan, dan melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait, termasuk kepolisian dan instansi terkait lainnya," katanya.

Lebih lanjut, Letkol Andi Yusuf Kertanegara juga menyampaikan bahwa tim keamanan telah melakukan berbagai simulasi dan apel gelar pasukan dan latihan bersama untuk menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi selama kegiatan kunjungan kerja maupun pergelaran MotoGP berlangsung.

"Kami siap menghadapi segala kemungkinan untuk memastikan keselamatan semua pihak yang terlibat dalam acara ini, termasuk RI dan para penonton dan peserta balap yang akan berlaga," tambahnya.

Pergelaran ajang balap MotoGP di Indonesia merupakan momen bersejarah bagi negara ini, dan pemerintah bersama dengan pihak terkait berkomitmen untuk memastikan keamanan dan suksesnya acara ini.

Presiden Republik Indonesia dijadwalkan untuk mengunjungi sirkuit dalam rangka memberikan dukungan dan memantau persiapan terakhir menjelang acara. Hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mendukung industri olahraga otomotif dan mengangkat profil Indonesia di kancah internasional.

Baca juga: Arbi petik banyak pelajaran dari debut Moto3 Indonesia di Mandalika
 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023