Kota Bogor (ANTARA) - Sejumlah komunitas dan pelajar di Kota Bogor, Jawa Barat, menggelar aksi unjuk rasa pernyataan sikap bela Palestina yang kembali  bersitegang dengan Israel akhir-akhir ini.

Koordinator aksi bela Palestina di Kota Bogor, Agil di sela unjuk rasa di area Tugu Kujang, Ahad, menyampaikan aksi itu merupakan inisiasi spontan para pelajar dan komunitas untuk mendukung kemerdekaan Palestina dari perluasan wilayah Israel.

"Alhamdulillah, hari ini di Bogor kembali ada aksi turun ke jalan pernyataan sikap bela Palestina," ujarnya.

Agil menyebutkan aksi ini gabungan dari pelajar, komunitas bahkan juga orang tua siswa. Mereka yang tergabung dari sekolah Alam Bogor, Surau Home Schooling, AB home, SBM, SMX, komunitas jalanan Polusi Senja, komunitas Spion, komunitas Kompak, ibu-ibu dari Salam Kamboja, Alkautsar dan masih banyak lagi.

Baca juga: Wapres: Perang ganggu kedamaian hingga picu kerusakan lingkungan

Baca juga: Empat WNI yang dievakuasi dari Tepi Barat telah sampai di Tanah Air


"Alhamdulillah, secara spontan mereka datang untuk kemanusiaan. Aksi hari ini kita inisiasi secara spontan, H-2 kita berkabar, H-1 kita persiapan secara singkat, lebih kurang ada 200 orang relawan yang turut hadir di sini," ujarnya.

Para peserta unjuk rasa bela Palestina itu melangsungkan aksinya pada pukul 16.00 WIB. Mereka datang dengan sejumlah atribut, mulai dari spanduk, poster, ikat kepala hingga bendera Indonesia dan Palestina.

Sebagian mereka berjalan kaki dari titik kumpul di depan gedung Alumni IPB hingga ke Tugu Kujang. Sementara beberapa orang berorasi menggunakan pengeras suara di mobil bak terbuka.

Agil menyampaikan, aksi unjuk rasa ini bertujuan untuk menyuarakan untuk kemerdekaan Palestina.

"Kami menyatakan, kejahatan yang dilakukan Israel adalah kejahatan perang yang sangat luar biasa. Ini kita kutuk bersama. Semoga perdamaian untuk negara Palestina segera terwujud, kemerdekaan," ujar Agil.

Agil menuturkan kemerdekaan rakyat Palestina harus dipenuhi dengan hak-haknya yakni wilayahnya yang terkikis oleh Israel harus dikembalikan.

Bersama pengawalan pihak kepolisian, kata Agil, aksi ini berlangsung dengan aman dan damai. Aspirasi para pelajar dan mahasiswa kini tersalurkan melalui unjuk rasa di depan Tugu Kujang.

"Jadi kami ucapkan terima kasih kepada  Kapolresta Bogor Kota, Pak Kombes Bismo Teguh Prakoso," kata Agil.*

Baca juga: PKB kecam dan minta konflik Hamas-Israel segera dihentikan

Baca juga: Ratusan masyarakat Bengkulu gelar aksi bela Palestina


Pewarta: Linna Susanti
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023