London (ANTARA) - Inggris mendesak Israel untuk menahan diri dalam tindakan militer apa pun terhadap kelompok militan Palestina Hamas untuk menekan kerugian terhadap warga sipil, kata Menteri Luar Negeri James Cleverly.

Meski demikian, Cleverly menyatakan Inggris tetap mendukung hak Israel untuk membela diri.

Cleverly mengatakan ke media pada Minggu bahwa saat pembicaraan dengan pemerintah Israel, dia telah mengemukakan perlunya meminimalisasi korban sipil.

"Pengendalian diri, disiplin – ini adalah ciri-ciri kekuatan pertahanan Israel yang ingin saya lihat," kata Cleverly kepada Sky News.

"Tentu saja, kami menghormati hak Israel untuk membela diri… Kami telah menyampaikan bahwa lakukan apa pun yang Anda bisa untuk meminimalisasi korban sipil. Lakukan apa pun yang Anda bisa untuk mencegah Hamas mendapatkan apa yang mereka inginkan, yaitu meningkatkan konflik regional yang lebih luas," lanjutnya.

Pernyataan itu, sejalan dengan seruan internasional untuk menahan diri, diberikan ketika Israel bersiap melancarkan serangan darat di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

Israel pun telah meminta warga Palestina yang tinggal di Jalur Gaza untuk pindah ke selatan menuju perbatasan tertutup dengan Mesir.

Sumber: Reuters

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023