Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta selama sepekan terakhir seperti Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menilai masa jabatan Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono bisa diperpanjang lantaran kinerjanya bagus.
 
Lalu, Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan penyemprotan menggunakan generator bertekanan tinggi (water mist generator) yang dilengkapi cairan "eco enzyme" secara serentak di 28 gedung di wilayah tersebut untuk menekan polusi.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali:
 
1. TransJakarta targetkan 10 ribu lebih armada listrik pada 2030
 
PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menargetkan mampu mengoperasikan 10 ribu lebih armada bertenaga listrik pada 2030 untuk menuju elektriktifikasi transportasi publik masa depan.
 
"Coba bayangkan pada 2030 dengan mempertimbangkan pertumbuhan dan sebagainya armada sudah menyediakan kurang lebih 10.047 armada listrik," kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama TransJakarta Mohamad Indrayana dalam diskusi Solusi Polusi Udara Kota di Jakarta, Minggu.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
2. DKI perlu Rp67 miliar untuk cetak KTP elektronik
 
Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta menyebut, nominal anggaran untuk mencetak Rp10 juta keping blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebesar Rp67 miliar.
 
"Hasil hitungan kami berdasarkan jumlah penduduk dan kebutuhan untuk 10 juta (keping blanko) dengan hitungan satu 'ribbon', 'fargo' dan semua dihitung kebutuhan di angka Rp67 miliar untuk kebutuhan itu," kata Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin dalam Rapat Komisi A DPRD DKI Jakarta di Grand Cempaka Resort, Bogor, Jawa Barat, Kamis.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
3. Jabatan Heru dinilai DPRD DKI bisa diperpanjang
 
Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menilai masa jabatan Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono bisa diperpanjang lantaran kinerjanya bagus.
 
"Kalau saya lihat, Pak Heru bisa diperpanjang karena bagus kerjanya," kata Prasetio kepada wartawan di Bogor, Kamis.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
4. Antisipasi banjir, Pemkot Jaktim bangun saluran air di 17 lokasi
 
Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur berencana membangun saluran air di 17 lokasi di Jaktim untuk mengantisipasi banjir dan mengurangi genangan air di musim penghujan.
 
Pelaksana tugas (Plt) Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Eka Darmawan ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, mengatakan pembangunan saluran air itu akan dikerjakan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur pada Oktober hingga Desember 2023.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
5. Pemkot Jakpus lakukan penyemprotan dengan "eco enzyme"
 
Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan penyemprotan menggunakan generator bertekanan tinggi (water mist generator) yang dilengkapi cairan "eco enzyme" secara serentak di 28 gedung di wilayah tersebut untuk menekan polusi.
 
"Kita memanfaatkan 'eco enzyme' untuk mengatasi persoalan polusi yang ada di Jakarta dengan mengkombinasikan dengan 'water mist'," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta, Senin.
 
Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023