Mumbai (ANTARA) - Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Minggu (15/10) memutuskan bahwa tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2030 dan 2034 akan ditetapkan secara serentak pada tahun depan.

Keputusan itu diambil saat Sidang IOC ke-141 di Mumbai usai Komisi Tuan Rumah Olimpiade Masa Depan (Future Host Commission) IOC mengusulkan penetapan dua tuan rumah untuk dua Olimpiade Musim Dingin mengingat adanya sejumlah kekhawatiran perihal dampak perubahan iklim.

IOC pada Jumat (13/10) menyampaikan bahwa dua laporan telah menunjukkan hanya ada 10 negara yang sanggup menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin hingga 2040 berdasarkan sejumlah persyaratan IOC. Hal itu termasuk suhu rata-rata dan keberlanjutan melalui lokasi-lokasi penyelenggaraan yang sudah ada.

Ketua Komisi Tuan Rumah Olimpiade Masa Depan Karl Stoss mengatakan Prancis, Swiss, dan Swedia telah menunjukkan ketertarikan mereka untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2030, sementara Salt Lake City tertarik untuk menggelar Olimpiade Musim Dingin 2034.

Sebelumnya pada pekan ini, Kota Sapporo di Jepang membatalkan bid-nya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2030.

Olimpiade Musim Dingin 2026 akan digelar di Milan-Cortina d'Ampezzo, Italia.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023