Semua tantangan itu telah kita antisipasi dengan menyiapkan cadangan beras yang cukup
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah Indonesia telah menyiapkan cadangan beras dengan jumlah yang cukup bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia.

Ucapan Hari Pangan Sedunia itu disampaikan Presiden Jokowi melalui unggahan di akun instagram miliknya @jokowi dengan sebuah gambar ilustrasi seperti dikutip di Jakarta, Senin.

Ilustrasi tersebut menggambarkan Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam sedang menyirami tanaman pohon. Di sekelilingnya, ada petani yang sedang memanen buah dan sayuran, peternak yang sedang memberi makan sapi, serta peternak gurame yang juga sedang memberi makan ikan.

Dalam keterangan gambar itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun yang berat bagi dunia, tidak terkecuali Indonesia dalam hal tantangan krisis pangan.

"El Nino, kenaikan suhu bumi, kemarau panjang yang menyebabkan gagal tanam dan gagal panen, hingga faktor geopolitik dunia telah mempengaruhi pasokan pangan, " tulis Presiden Jokowi dalam keterangan gambar tersebut yang diunggah pada Senin.

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia telah mengantisipasi dengan menyiapkan cadangan beras yang cukup.

Selain itu, jauh-jauh hari sebelumnya, infrastruktur yang diperlukan untuk menjaga ketahanan pangan telah dibangun, mulai dari waduk, ribuan embung hingga jaringan irigasi.

"Semua tantangan itu telah kita antisipasi dengan menyiapkan cadangan beras yang cukup, " tulis Presiden Jokowi.

Dengan kesiapan dini dan perencanaan yang cermat itu lah, Presiden Jokowi meyakini Indonesia akan mampu menghadapi segenap tantangan, baik yang sifatnya global  
maupun yang terjadi di kawasan, juga yang berlangsung lama sampai yang musiman.

Baca juga: Pemprov Babel keluarkan surat edaran atur harga jual beras premium
Baca juga: Pemkab Banyumas gelar Gerakan Pangan Murah terkait Hari Pangan Sedunia

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023