Kami senang memiliki Steve Clifford sebagai pelatih kepala kami yang baru."
Charlotte (ANTARA News) - Steve Clifford, yang lama berkiprah sebagai asisten pelatih di sejumlah klub NBA, ditunjuk sebagai pelatih baru Charlotte Bobcats, di mana ia menghadapi tantangan untuk membangkitkan tim yang terpuruk.

Clifford menggantikan Mike Dunlap, yang melatih tim sejak setahun silam setelah mereka memiliki rekor 7-59, membukukan persentase kemenangan terburuk sepanjang sejarah NBA, lapor AFP.

Dunlap memimpin Bobcats mencatatkan rekor 21-61, mengungguli Orlando satu pertandingan untuk menghindari rekor catatan terburuk NBA pada musim lalu, namun itu tidak cukup untuk mempertahankan pekerjaannya sebagai pelatih di klub yang dimiliki oleh legenda NBA Michael Jordan.

Clifford akan melakukan debut melatihnya di NBA setelah selama 13 tahun menjadi asisten di New York Knicks, Houston Rockets, Orlando Magic, dan Los Angeles Lakers. Ia menjadi pelatih keenam Bobcats sejak tim itu dibentuk pada 2004.

"Kami senang memiliki Steve Clifford sebagai pelatih kepala kami yang baru," kata presiden operasional bola basket Bobcats Rod Higgins. "Ia membawa silsilah yang kuat dan catatan kesuksesan kepada klub kami."

"Ia telah membangun reputasi sebagai inovator, khususnya pada pertahanan, dan berpengalaman dalam berbagai sistem. Kami tidak sabar untuk menggunakan pengetahuannya saat kami meneruskan membangun tim ini."

Bobcats, yang satu-satunya keberhasilannya menembus playoff ditorehkan pada 2010, berencana untuk menamai ulang timnya dengan nama Charlotte Hornets untuk musim 2014/2015.

Hornets merupakan julukan bagi klub NBA asli kota itu sebelum pindah ke New Orleans. Saat klub itu telah berganti nama menjadi Pelican pada awal musim ini, label Hornets dapat kembali dipakai untuk Charlotte. (RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013