Dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan pangan yang terjangkau.
Ambon (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar pasar pangan murah untuk mempermudah masyarakat memperoleh sembilan bahan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

"Kegiatan pasar pangan murah yang dilakukan hari ini bertepatan dengan Hari Pangan Nasional mempermudah jangkauan masyarakat terhadap bahan pangan murah," kata Asisten III Sekda Maluku Pieterson Rangkoratat, di Ambon, Senin.

Pasar pangan murah tersebut berlangsung di halaman parkir Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku di Ambon berlangsung serentak dengan 135 kota di Indonesia yang dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara virtual

Barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar pangan murah juga lebih murah dari harga di pasar tradisional Kota Ambon, dan tidak melebihi harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan pemerintah.

"Dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan pangan yang terjangkau," kata dia lagi.

Di Pasar Pangan Murah tersebut, harga telur ayam ras dipatok Rp50.000 per rak (30 butir), kemudian bawang merah Rp28.000 per kilogram.

Pada kesempatan itu, pihaknya mengucapkan terima kasih atas partisipasi Pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Lingkup Pemprov Maluku , BUMN, distributor, agen penyediaan bahan pokok yang telah berpartisipasi untuk menyukseskan gerakan pangan murah ini.

Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku Hadi Basalamah mengatakan saat ini inflasi Maluku sudah membaik, berkat kegiatan pasar murah.

"Bayangkan dari dari enam persen, turun menjadi 3,8, dan sekarang menjadi 3,10 persen, artinya kerja-kerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Maluku sebagaimana arahan dan instruksi Gubernur Maluku berjalan baik," kata dia pula.

Ia menyampaikan ke depan akan membuat terobosan melalui pasar murah bergerak.

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah menjaga pasokan, distribusi dan harga yang terjangkau oleh daya beli masyarakat.
Baca juga: Pegadaian Ambon gelar pasar murah Ramadhan
Baca juga: Disperindag Maluku menyiapkan 500 paket pasar murah sambut Lebaran

Pewarta: John Soplanit
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023