Yang pasti Banda menjadi satu perhatian khusus untuk menjadi sebuah kawasan yang menjadi prioritas pariwisata di Maluku...
Ambon (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Dinas Pariwisata (Dispar) setempat memprioritaskan wisata Banda Naira untuk menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) di 2024.

“Yang pasti Banda menjadi satu perhatian khusus untuk menjadi sebuah kawasan yang menjadi prioritas pariwisata di Maluku dan sangat kami harapkan menjadi sumber PAD,” kata Kepala Dispar Maluku Achmad Jais Ely, di Ambon, Senin.

Ia mengaku, saat ini Dispar mengupayakan pembangunan dari sisi akses, budaya, sejarah dan atraksi di Banda Naira yang akan diperbaiki dan dikelola dengan lebih baik, sehingga menjadi perhatian hingga ke kancah internasional.

Jais menyebutkan, di Banda Naira mengalami peningkatan kunjungan wisatawan asing hingga nusantara pada 2023 sebanyak tujuh persen. Berdasarkan data statistik pada 2023, kunjungan wisatawan asing mencapai 365 orang. Sementara wisatawan nusantara mencapai 1.441 orang.

“Kami berharap di 2024 ada peningkatan lagi. Semoga dari sektor pariwisata ini memberi kontribusi besar untuk Maluku,” ujar Jais pula.

Jais menambahkan, tentunya Dispar setempat akan mempertahankan peningkatan kunjungan wisatawan di Banda Naira, dengan menguatkan sumber daya manusia (SDM) dan memperbaiki infrastruktur destinasi tersebut.

“Kalau dua hal ini sudah kami perbaiki sama-sama dengan semua pemangku kepentingan terkait, saya yakin pariwisata kita akan semakin maju, serta menjadi bagian dari sumber pendapatan kita di Maluku,” kata Jais lagi.

Tidak hanya itu, pemerintah setempat telah mengambil berbagai langkah strategis. Salah satunya adalah meningkatkan promosi pariwisata Maluku secara internasional melalui berbagai media sosial dan partisipasi dalam pameran pariwisata global.

“Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global tentang keindahan dan keunikan Maluku sebagai destinasi wisata,” ujarnya pula.
Baca juga: Pemprov Maluku menggelar Festival Banda Naira tarik minat wisatawan
Baca juga: Festival Banda Naira masuk kalender event nusantara


Pewarta: Winda Herman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024