Ini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.....
Ambon (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar Spice Island Festival atau Festival Budaya Banda Naira untuk meningkatkan minat wisatawan ke Banda Naira, Maluku.

"Festival yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Maluku di Banda ini, merupakan sebuah lokomotif pariwisata yang kaya dengan wisata bahari, sejarah dan budaya yang sudah terkenal hingga ke mancanegara," ujar Gubernur Maluku Murad Ismail dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Spice Island Festival yang digelar itu mengangkat tema “Encourage Banda to the Next Level” atau mendorong Banda Naira ke level yang lebih tinggi.

Banda Naira Spice Island Festival atau Festival Banda Naira ini digelar selama sepekan mulai 12 November 2023.

Sebagai salah satu Karisma Event Nusantara 2023, event ini diharapkan jadi bagian promosi dari Kabupaten Maluku Tengah, sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung hingga dapat menikmati keindahan dan kekayaan flora di Kepulauan Banda, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Murad juga mengajak semua pihak, khususnya para pemangku kepentingan di bidang pariwisata untuk selalu berinovasi dalam menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan, yang dapat mendorong pengembangan pariwisata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM di wilayah Maluku.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual memberikan penghargaan yang tinggi kepada Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, dan seluruh masyarakat Kepulauan Banda Naira atas semangat dan kerja kerasnya untuk selalu mengembangkan sektor parekraf yang dikemas dalam penyelenggaraan Spice Island Festival.

"Ini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang tentunya bermuara pada kesejahteraan masyarakat setempat," katanya pula.

Spice Island Festival ini diselenggarakan mulai 12-14 November 2023, yang dirangkaikan dengan berbagai acara menarik seperti, Buka Kampung, Lomba Perahu Belang, Cakalele Banda, Kasih Makan Hutan dan Laut, Pameran Ekonomi Kreatif, serta acara hiburan seperti penampilan tarian Kreasi Wonderful Maluku, Stand up Comedy, Texas Band, Puisi Milenial, dan talkshow.

Turut hadir pada kesempatan itu, Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Bidang Inovasi dan Kreativitas, Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie, Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa, Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Staf Ahli Bupati, Asisten dan pimpinan OPD lingkup Kabupaten Maluku Tengah, Forkopimcam Banda, pimpinan lembaga vertikal, BUMN/BUMD, komunitas pariwisata, dan unsur lainnya.
Baca juga: Ratusan anggota komunitas vespa ikuti Aceh Vespa Festival 2022
Baca juga: Kemendikbudristek dukung pelestarian tarian Cakalele di Pulau Banda

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023