Kuningan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menerima kiriman 7.700 bilik suara dari KPU Provinsi Jawa Barat untuk memenuhi kebutuhan logistik yang digunakan pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Di truk pertama ini berdasarkan surat jalannya sebanyak 7.700 buah bilik suara," kata Sekretaris KPU Kabupaten Kuningan Asep Pepen Ruspendi di Kuningan, Senin.

Asep menjelaskan pengiriman ribuan bilik suara itu merupakan tahap pertama untuk Kabupaten Kuningan,  dijadwalkan penyaluran logistik pemilu ke daerahnya terus dilakukan maksimal sampai 15 Januari 2024.

Menurut dia, KPU Kabupaten Kuningan membutuhkan 14.384 bilik suara yang nantinya disebar ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Pengiriman tahap pertama adalah kotak suara, bilik suara, segel, tinta. Untuk pengadaannya dari KPU Provinsi. Kita dibebankan itu segel plastik alat pengaman kotak suara, pengganti gembok," katanya.

Adapun untuk tempat penyimpanan logistik pemilu, pihaknya memusatkannya di dua gudang di Desa Ciloa, Kabupaten Kuningan.

Asep memastikan ribuan bilik suara itu akan dijaga ketat dan dirawat secara berkala sehingga tidak mudah rusak, apalagi logistik tersebut terbuat dari karton duplek.

"Penyemprotan dilakukan berkala sehingga terhindar dari hama atau rayap," ucap dia.
Baca juga: KPU pastikan kesiapan logistik Pemilu 2024 selesai tepat waktu
Baca juga: Pos Indonesia siap distribusikan logistik Pemilu 2024
Baca juga: KPU-LKPP teken kontrak payung pengadaan logistik Pemilu 2024 tahap I


Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023