Jadi mereka diarahkan oleh tim mereka dan bahwa fenomena seratus itu sangat tepat. Akhirnya menambah amplifikasi pada raihan (jumlah penonton). Jadi jangan kaget kalau yang menonton MotoGP di Mandalika tembus 450 juta penonton di seluruh dunia dan di
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai, fenomena para pembalap MotoGP yang meramaikan kelakar ‘pinjam dulu seratus’ telah menyesuaikan dengan tren terkini yang ada di media digital.
 
“Jadi mereka diarahkan oleh tim mereka dan bahwa fenomena seratus itu sangat tepat. Akhirnya menambah amplifikasi pada raihan (jumlah penonton). Jadi jangan kaget kalau yang menonton MotoGP di Mandalika tembus 450 juta penonton di seluruh dunia dan ditambah dari media digital,” ujar Sandiaga dalam temu pers di Jakarta, Senin.
 
Dirinya juga menilai, konten lokal seperti ini mampu mendongkrak ekonomi lokal sehingga peluang ini perlu dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi wisata dan produk ekraf dalam negeri.
 
Ke depan, lanjut dia, kearifan lokal Nusantara akan dihadirkan dalam gelaran MotoGP musim depan untuk meningkatkan pengalaman bagi para pembalap serta wisatawan lainnya.
 
Saat ditemui usai temu pers, ANTARA turut melontarkan kalimat ‘pinjam dulu seratus’ kepada Sandiaga.
 
“Boleh dong, kita pinjam dulu seratus, asal dikembalikan,” jawabnya.
 
Sandiaga yang turut berkesempatan memberikan keris buatan empu dan komunitas keris pasak asal Nusa Tenggara Barat kepada pemenang kedua MotoGP Seri Mandalika yakni Maverick Vinales, sementara Menteri BUMN Erick Thohir kepada Francesco Bagnaia dan Gubernur NTB kepada Fabio Quartararo. Dia menyebut para pemenang sangat senang dan mengakui produk itu sangat menarik.
 
“Itu mereka senang sekali, ‘wah produk ini produk keren banget’ gitu loh. Jadi ini melambangkan budaya kita, melambangkan keperkasaan dan juga melambangkan kejayan,” pungkasnya.
 
Diketahui, candaan ‘pinjam dulu seratus’ belakangan viral di media sosial, bahkan pembalap MotoGP termasuk trio podium seri Mandalika yakni Francesco Bagnaia, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo terlihat melontarkan kelakar itu dalam media sosial masing-masing.
 
Ketiganya pun lantas kebetulan naik ke podium, diisi Bagnaia yang menempati urutan pertama, Vinales kedua serta Quartararo yang finis pada urutan ketiga. Ketiga pemenang tersebut lantas dijuluki trio pinjam seratus usai candaan yang ramai diperbincangkan di dunia maya.

Baca juga: Kemenparekraf: Perputaran uang MotoGP Mandalika capai Rp914 miliar
Baca juga: Menparekraf: Jumlah penonton MotoGP Mandalika 2023 lampaui target
Baca juga: Bagnaia kembali ke puncak setelah menangi MotoGP Indonesia

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023