Jakarta (ANTARA) - Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah meningkatkan digitalisasi keuangan syariah melalui program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertajuk "Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah" (SICANTIKS).

"Program ini upaya meningkatkan literasi keuangan syariah dengan mengoptimalkan peran ibu sebagai duta literasi keuangan syariah," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi di Jakarta, Senin.

Friderica menuturkan nantinya para ibu menjalani pelatihan literasi keuangan secara berkelanjutan dengan berbasis komunitas.

Para ibu mendapat edukasi dengan dikenalkan berbagai produk keuangan digital syariah dalam acara diskusi bertema ”Digitalisasi Keuangan Syariah”.

"Hadirnya Program 'SICANTIKS' diharapkan dapat meningkatkan literasi mencakup pengetahuan terkait produk keuangan syariah serta perencanaan dan manajemen keuangan keluarga," katanya.

Diharapkan dari kegiatan ini mampu melahirkan ibu-ibu sebagai agen edukasi yang dapat berbagi pengetahuan kepada masyarakat yang lebih luas.

Baca juga: Bank DKI raih predikat BPD terbaik dukung transformasi digitalisasi

Selain itu, diharapkan pula mendorong mereka untuk turut memanfaatkan produk dan layanan keuangan syariah sebagai upaya dalam meningkatkan inklusi.

Direktur Teknologi&Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono menyatakan program "SICANTIKS" merupakan bukti nyata dari komitmen untuk mendukung perkembangan literasi keuangan syariah di Indonesia.

"Bank DKI Syariah berharap dapat berkontribusi signifikan dalam peningkatan literasi keuangan syariah dan pemahaman masyarakat tentang keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah," ujar Amirul.

Bank DKI telah mengimplementasikan dua kegiatan perbankan berbasis bunga maupun non-bunga sekaligus (Dual Banking Leverage Model/DBLM) sebagai solusi layanan perbankan.

Layanan ini diberikan kepada nasabah yang menghendaki pilihan produk dan layanan syariah, diantaranya pembukaan rekening tabungan, giro dan deposito.

Baca juga: Direktur Keuangan Bank DKI raih penghargaan Indonesia Best CFO 2023

Bahkan, pembiayaan skema syariah seperti KUR, pembiayaan investasi, modal kerja, ritel dan mikro serta Konsumer iB, dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang Bank DKI.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung upaya OJK dalam meningkatkan literasi keuangan syariah di Indonesia.

“Kepada nasabah Syariah, Bank DKI juga memberikan kemudahan berbagai layanan perbankan melalui super apps JakOne Mobile," tutur Arie.

Aplikasi itu memiliki beragam fitur mulai dari pembukaan rekening tabungan dan deposito secara elektronik, transfer, pembayaran berbagai tagihan, termasuk pajak dan retribusi, pindai (scan) QRIS hingga zakat dan donasi.

Bank DKI juga memberikan Tabungan Haji dan Umrah (Taharoh) kepada lima orang Duta Literasi OJK, dan voucher potongan umroh jutaan rupiah kepada sejumlah peserta seminar.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023