Saat ini petugas kami dibantu masyarakat sekitar sedang memadamkan api di Desa Maja, Kecamatan Kalianda
Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan berusaha memadamkan kebakaran lahan di Desa Maja, Kecamatan Kalianda, pada Senin Malam.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, di Kalianda, Senin, membenarkan pihaknya saat ini masih berjuang memadamkan kebakaran lahan di Desa Maja.

Baca juga: Wali Kota Denpasar awasi metode injeksi air pemadaman TPA Suwung

"Saat ini petugas kami dibantu masyarakat sekitar sedang memadamkan api di Desa Maja, Kecamatan Kalianda," kata dia.

Pihaknya sempat kesulitan mengatasi kebakaran lahan tersebut, karena kondisi di lokasi yang terjal dan terdapat angin kencang serta rumput dan ranting pepohonan yang sudah kering sehingga mudah terbakar.

"Kebakaran itu sampai saat ini masih berlangsung, dan tim kami dibantu oleh masyarakat setempat untuk memadamkan api," katanya.

Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

Baca juga: Pemkot cepat lakukan penanganan pascakebakaran TPA Sumompo

Atas kejadian tersebut, Rully mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah itu.

Ia mengatakan, kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian. Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran, agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran," tambahnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini Kabupaten Lampung Selatan masih sering terjadi peristiwa kebakaran lahan, dimana penyebab utamanya adalah kelalaian manusia yang sering membuang puntung rokok dan membakar lahan.

Baca juga: Kebakaran lahan bambu berhasil dipadamkan Damkarmat Lampung Selatan

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023