Petugas telah mengevakuasi ular sanca di Perumahan Hartono, Kecamatan Kalianda, dan jenis ular tersebut adalah ular sanca batik dengan panjang tiga meter,
Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan berhasil mengevakuasi ular sanca kembang sepanjang tiga meter yang masuk di perumahan warga di Kecamatan Kalianda.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Selasa, membenarkan pihaknya telah mengevakuasi ular sanca yang meresahkan masyarakat setempat.

"Petugas telah mengevakuasi ular sanca di Perumahan Hartono, Kecamatan Kalianda, dan jenis ular tersebut adalah ular sanca batik dengan panjang tiga meter," katanya. 

Dia menjelaskan tim penyelamat Damkarmat menerima laporan adanya ular sanca yang masuk ke area perumahan pada 29 Januari 2024 sekitar pukul 19.30 WIB.

"Pelapor menghubungi Pos Kalianda bahwa adanya ular jenis sanca kembang di Perumahan Hartono. Anggota piket bergegas untuk berangkat menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap dengan tongkat ular," katanya.

Baca juga: Ular sanca tujuh meter dievakuasi dari kebun warga di Tangerang
Baca juga: Warga cemas ular masih bersarang di rumah kosong Matraman


Kemudian pihaknya langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna melakukan proses evakuasi.

Ular sanca sepanjang tiga meter tersebut diketahui sudah banyak memakan ayam ternak warga, sehingga meresahkan masyarakat di perumahan itu.

Tim penyelamat, kata dia, dengan beranggotakan sebanyak tujuh orang itu berupaya menangkapnya menggunakan peralatan yang ada dan akhirnya hewan reptil tersebut berhasil ditangkap dalam kurun waktu sekitar 20 menit dalam kondisi hidup.

"Proses evakuasi tidak lama, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit, evakuasi dari jam 19.38 WIB sampai dengan pukul 19.56 WIB," ujar Rully.

Ozi, salah seorang warga, mengungkapkan kekhawatiran dengan penemuan ular sanca sepanjang itu, ada kemungkinan masih banyak anak ular yang berkeliaran.  Namun ia tetap berterima kasih kepada Dinas Damkarmat Lampung Selatan yang telah berhasil mengevakuasi ular sanca tersebut. 

Baca juga: Damkarmat berhasil padamkan kebakaran lahan pinggir tol di KM 96 Natar
Baca juga: Damkar Lampung Selatan padamkan lima titik lokasi kebakaran lahan

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024