sudah periksa sampai lantai dua, enggak ketemu
Jakarta (ANTARA) - Warga RT12/RW12 Kelurahan Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur, merasa cemas dan curiga jika masih ada ular berkeliaran di rumah kosong yang diduga menjadi sarang ular sanca, Kamis.

Halimah, pemilik warung yang berjarak tiga rumah dari hunian yang telah ditinggalkan pemiliknya selama 15 tahun tersebut menyatakan keresahannya lantaran tidak ditemukan satupun ular saat pembersihan bersama tim gabungan sehari sebelumnya.

"Curiganya sih di bawah ubin. Tapi karena ubinnya rapat dan sama yang punya enggak diizinkan bongkar jadi ya enggak ketemu," ujar Halimah.

Pada Rabu (27/9) warga bersama tim gabungan pemadam kebakaran, kelurahan, penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU), komunitas pecinta ular, dan disaksikan pemilik rumah melakukan pembersihan hingga pembongkaran septic-tank terhadap rumah terbengkalai yang diduga menjadi sarang ular sanca, namun tidak ditemukan ular satu ekor pun atau telurnya.

Rini yang tinggal di sekitar rumah tersebut mengatakan bahwa warga telah menemukan sebanyak 17 ekor ular sanca dengan berbagai ukuran sepanjang Agustus hingga September 2023.

"Biasanya keluar-keluarnya setelah maghrib sih, kalo pagi sampai siang enggak keluar soalnya banyak anak-anak main," ujar Dwi.

Rini juga mengatakan, sebelumnya pemilik rumah tidak percaya bahwa rumah yang telah ditinggalkan sejak 2008 tersebut menjadi sarang ular sanca.

Pemilik rumah, kata Rini, sebelumnya telah beberapa kali datang bersama komunitas pecinta ular untuk memeriksa langsung rumahnya yang diduga menjadi sarang ular tersebut.

"Padahal sebelumnya dia sendiri dapat satu. Jadi siang-siang bawa pecinta ular, ngorek-ngorek got, dapat. Tapi masih enggak percaya," ujar Rini.

Ketua RT 12/12 Kelurahan Utan Kayu Selatan, Uus ketika ditemui di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa telah melakukan pembersihan bersama tim gabungan dari jam delapan pagi sampai jam 12 siang.

"Iya kemarin dari pagi jam delapan sampai jam 12 sudah periksa sampai lantai dua, enggak ketemu," ucap Uus.

Baca juga: Pemkot respon aduan warga terkait rumah yang diduga jadi sarang ular

Baca juga: DKI kemarin, jumlah "water mist" hingga toilet komunal di Jakpus

Baca juga: Sebuah rumah di Matraman diduga jadi sarang ular sanca

Pewarta: Jaka Utomo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023