Beijing (ANTARA) - China bersedia bekerja sama dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk membangun komunitas China-ASEAN yang lebih erat dengan masa depan bersama, kata Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi pada Senin (16/10).

Wang menyampaikan pernyataan tersebut saat bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn di Beijing, lapor Xinhua pada Selasa 

Pertemuan tersebut berlangsung menjelang Forum Sabuk dan Jalur Sutra untuk Kerja Sama Internasional ketiga, yang menurut jadwal digelar pada Selasa (17/10) dan Rabu (18/10) di Beijing.

Wang menyatakan bahwa China selalu menjadikan ASEAN sebagai prioritas utama dalam diplomasi negara bertetangganya, serta akan terus menjadi mitra strategis yang dapat dipercaya dan diandalkan oleh ASEAN.

China siap bekerja sama dengan ASEAN untuk menjadikan China-ASEAN Expo sebagai acara besar untuk kerja sama yang menyeluruh dan saling menguntungkan antara kedua belah pihak, katanya.

Kao Kim Hourn mengatakan bahwa selama satu dekade terakhir, negara-negara ASEAN telah memperoleh banyak manfaat dari Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI) dan akan terus berpartisipasi secara aktif dalam inisiatif tersebut. 


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023