Tel Aviv (ANTARA) - Ratusan pakar bidang siber Israel untuk sementara waktu mengesampingkan pekerjaan mereka di sektor swasta guna membantu menemukan warga Israel yang hilang setelah serangan pekan lalu oleh kelompok militan Palestina Hamas.

Pejuang bersenjata Hamas dapat menghindari penjagaan ketat keamanan Israel untuk menyusup dari Jalur Gaza dan menyerbu kota-kota dan pemukiman Israel, menewaskan 1.300 orang dan menawan hampir 200 orang.

Sebagai tanggapan, Israel telah membombardir Gaza selama berhari-hari, menewaskan lebih dari 2.700 warga Palestina sementara pasukannya mempersiapkan serangan darat.

Karine Nahon, salah satu pemimpin inisiatif tersebut, mengatakan para sukarelawan telah menganalisis rekaman – termasuk video yang diunggah secara daring oleh Hamas – untuk membantu mengidentifikasi dan menemukan lebih dari 1.000 orang yang masih belum ditemukan. Setiap informasi yang diperoleh diteruskan ke otoritas Israel.

Dengan berbasis di Tel Aviv, pusat teknologi tinggi dan sektor keamanan siber Israel, para relawan telah menciptakan pusat komando darurat di mana mereka menggunakan kecerdasan buatan serta pengenalan wajah dan suara untuk membantu menemukan orang-orang yang belum ditemukan setelah serangan tersebut, terkadang melalui pakaian atau fitur yang dapat dikenali.

"Pemerintah saat ini bergantung pada informasi yang datang dari ruangan ini," kata Nahon.

Gambar-gambar orang Israel yang hilang terpampang di dinding, mengingatkan para sukarelawan akan misi mereka.

"Kami mencoba memahami status masing-masing orang yang hilang dan masih ada lebih dari seribu orang yang hilang," katanya.

Israel telah bertekad untuk memusnahkan Hamas sebagai tanggapan atas serangan tersebut, sementara Hamas mengatakan akan mengeksekusi sandera sebagai tanggapan atas serangan Israel terhadap warga sipil.

Hamas kini juga menghapus rekaman serangan yang mereka unggah secara daring, yang menunjukkan bahwa kelompok militan tersebut mengetahui bahwa video tersebut sedang dianalisis untuk mendapatkan informasi, kata Nahon.

"Apa yang mereka lakukan sekarang adalah melakukan satu per satu dan menghapus video-video tersebut, karena mereka memahami bahwa pada dasarnya kami memantau dan menganalisis video-video tersebut," katanya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Israel serang Hizbullah di Lebanon selatan
Baca juga: Situasi terkini Gaza, ratusan ton bantuan tertahan di perbatasan Mesir

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023