Serang (ANTARA) - Polda Banten menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Maung 2023-2024 yang dilaksanakan di Lapangan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Banten, Selasa (17/10).

Kepala Polda Banten, Inspektur Jenderal Polisi Rudy Heriyanto, di Serang, Banten, Selasa, mengatakan, Pemilu Serentak Tahun 2024 ini menjadi yang terbesar dan sangat penting karena menjadi titik penentu arah bangsa.

"Sebanyak 434.197 personel Polri, mulai di tingkat Mabes hingga seluruh Polda dikerahkan untuk mengamankan Pemilu Serentak 2024, dimana waktu operasinya akan berjalan selama 220 hari," katanya.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

Selain itu, operasi ini juga didukung pusat komando di setiap Kepolisian Daerah. Sehingga setiap gerakan seluruh personil di lapangan terorganisir dengan baik dan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat juga harus terus digencarkan.

"Hal itu agar Kamtibmas dan persatuan kesatuan bangsa tetap terjaga dengan baik," katanya.

Ia mengatakan, apel ini dilaksanakan serentak sebagai bentuk pengecekan akhir personel dan sarana prasarana, sehingga Pemilu 2024 bisa berjalan aman dan lancar.

Baca juga: Sorong sebagai barometer keamanan pemilu 2024 di Papua Barat Daya

Sementara itu, Al Muktabar mengungkapkan, persoalan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) merupakan tanggung jawab bersama, baik masyarakat, Pemerintah Daerah, TNI, Polri serta para pemangku kepentingan. "Tentu kita secara keseluruhan mempunyai tanggungjawab bersama menciptakan Kamtibmas," katanya.

Secara umum, kata dia, kondisi Kamtibmas di Provinsi Banten cukup aman terkendali. Dirinya juga secara berkala selalu mendapat laporan dari setiap daerah ikhwal Kamtibmas.

"Kita terus berupaya menciptakan stabilitas daerah tetap terjaga. Dari mulai penanganan inflasi yang terkendali dengan baik dan pengendalian harga kebutuhan barang-barang pokok di pasaran. Itu salah satu hal mendasar yang terus kita giatkan," katanya.

Baca juga: Polda Kalimantan Utara siapkan pengamanan pemilu serentak 2024

Menurutnya, pengamanan ini rentang waktunya cukup panjang. Oleh karena itu kesiapan pengamanannya harus dimaksimalkan.

Pemprov Banten sendiri, kata dia, dengan segala kewenangan, personel serta sarpras yang ada siap bersama-sama dalam kolaborasi untuk menyukseskan perhelatan Pemilu Serentak Tahun 2024 agar berjalan dengan baik dan lancar.

"Kita terus melakukan koordinasi antar pemangku kepentingan terkait. Saling melengkapi dan mendukung terhadap apa yang dilakukan sebagai upaya menciptakan Kamtibmas," katanya.
 

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023