ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) berupa Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang direalisasikan PTPN VI di Provinsi Jambi
Jambi (ANTARA) - Lahan perkebunan sawit milik dua koperasi unit desa (KUD) dan satu milik gabungan kelompok tani (gapoktan) di Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi dan Batanghari, menerima bantuan program peremajaan dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI di Jambi.

"Program ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) berupa Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang direalisasikan PTPN VI di Provinsi Jambi," kata Senior Executive Vice President (SEVP) Operation PTPN VI Oshutri Anwar saat penandatanganan kerja sama di Jambi, Selasa.

Kegiatan ini merupakan bukti nyata dari perusahaan perkebunan sawit milik negara dengan memberikan program peremajaan kebun kelapa sawit milik dua KUD dan gapoktan  yang berada di Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Batanghari.

Peremajaan kebun sawit KUD Bahar Satria, KUD Tani Jaya Reformasi dan Gapoktan Mulya Indah ditandai dengan penandatanganan kesepakatan di ruang Sawit Lantai 3 Gedung PTPN VI Jambi.

Baca juga: Jambi remajakan 153.401 hektare kebun sawit

PTPN VI diwakili SEVP Operasional Oshutri Anwar sedangkan KUD Bahar Satria H Dasori, Gapoktan Mulya Indah dengan Ketua Kholiq dan KUD Tani Jaya Reformasi diketuai H Khudori disaksikan Wakil Disbun Jambi, Dr Rahmad Darmawan selaku Kabid Pemberdayaan.

Untuk kelancaran dan kesuksesan program PSR ini, PTPN VI juga menandatangani kesepakatan penyediaan bibit kelapa sawit dengan PT Eluon Solution Indonesia yang langsung dihadiri Direktur Tuti, di mana PT Eluon Solution Indonesia adalah perusahaan penyedia bibit sawit yang terakreditasi.

"PSR ini merupakan proyek strategis nasional, kami dari PTPN VI yang merupakan BUMN bidang perkebunan mendukung dan berkontribusi penuh terhadap PSR ini dan kita melakukan ini dengan system plasma," kata Oshutri Anwar.

Dilakukan dengan sistem plasma, karena pihak PTPN VI akan melakukan pembinaan serta penyuluhan mulai dari pemberkasan, pengajuan, penyediaan bibit serta pemasaran hasil produksi kebun kelapa sawit rakyat ini dimana pembibitan, pupuk serta penjualan hasil produksi tentu dibantu dan ditangani PTPN VI.

Baca juga: Kementan beri penguatan kelembagaan bagi petani sawit swadaya di Jambi

Baca juga: Kementan-BPDPKS tingkatkan kapasitas SDM pekebun kelapa sawit di Jambi


 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023