Jakarta (ANTARA/JACX) – Relawan pendukung Presiden Joko Widodo atau Projo resmi mendukung bakal calon presiden Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Projo secara resmi mendeklarasikan dukungannya di kediaman Prabowo, Sabtu (14/10/2023). 

Sebuah unggahan video di YouTube (https://www.youtube.com/watch?v=7BUS0VPOYDc) menarasikan bahwa Gibran mengundurkan diri dari PDIP pada 14 Oktober dan langsung bergabung dengan Prabowo. Thumbnail video tersebut juga menunjukan Gibran dan Jokowi seperti menandatangani suatu dokumen dan disaksikan langsung oleh Megawati dan Puan Maharani.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GIBRAN MUNDUR DARI PDIP & BERGABUNG DENGAN PRABOWO”

Namun, benarkah Gibran mengundurkan diri dari PDIP dan bergabung dengan Prabowo pada 14 Oktober?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Gibran mengundurkan diri dari PDI-P pada 14 Oktober. Faktanya, narasi judul dan isi video tidak sesuai. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, thumbnail dalam video tersebut merupakan editan. Foto aslinya merupakan momen saat Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin membubuhkan tanda tangan disaksikan para pimpinan MPR saat upacara pelantikan presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Senayan, serupa dengan foto yang terdapat dilaman Medcom.

Selain itu, narator dalam unggahan tersebut hanya membacakan artikel pada laman Suara.com yang berjudul “PDIP Disebut Bakal Pecat Gibran jika Resmi Cawapres Prabowo, Jadi Puncak Pengkhianatan Jokowi ke Megawati” dan Kompasiana yang berjudul “PDIP Nilai Jokowi Anak Pengkhianat, Terjungkal di Tangan Mega?”.

Dalam kedua artikel tersebut, hanya terdapat pernyataan pengamat politik Dedi Kurnia Syah yang menurutnya, jika Gibran menerima pinangan Prabowo sebagai cawapres, maka itu menjadi pertanda Jokowi mengkhianati Megawati dan PDI-P.

Klaim: Gibran mengundurkan diri dari PDIP dan bergabung dengan Prabowo pada 14 Oktober

Rating: Hoaks

Cek fakta: Disinformasi! Luhut mundur dari kabinet Jokowi karena sakit pada 11 Oktober

Cek fakta: Hoaks! Jokowi komentari film dokumenter "Ice Cold" di Instagram

Baca juga: Gibran: Yang punya peluang bukan hanya saya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023