RSB ini akan membantu untuk memastikan akses kesehatan yang merata bagi semua lapisan masyarakat, tanpa memandang latar belakang ekonomi atau status sosial
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mendirikan Rumah Sehat Baznas (RSB) di Kendal Jawa Tengah untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu.

"RSB ini akan membantu untuk memastikan akses kesehatan yang merata bagi semua lapisan masyarakat, tanpa memandang latar belakang ekonomi atau status sosial," kata Wakil Ketua Baznas RI Mo Mahdum dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, pembangunan RSB tersebut merupakan hasil kerja sama antara Baznas RI, Baznas Kabupaten Kendal, dan Pemerintah Kabupaten Kendal.

Lokasi pembangunan dan pengelolaannya terletak pada sebidang tanah seluas 2.000 meter persegi yang merupakan tanah hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal kepada Baznas Kendal.

Mahdum mengatakan Baznas ingin memberi akses lebih mudah untuk para mustahik (orang yang menerima zakat) yang membutuhkan layanan kesehatan. Layanan ini sekaligus dapat mencegah potensi kemiskinan baru yang ditimbulkan dari beban biaya kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat.

"Rumah Sehat Baznas Kendal yang akan dibangun ini merupakan klinik rawat inap yang terdiri atas dua lantai. Baznas ingin memberi kenyamanan bagi siapa saja yang berobat di sini," kata Mahdum.

Seperti yang dilakukan di RSB lain yang sudah berdiri, kata Mahdum, tidak hanya pengobatan gratis yang diberikan, namun juga pemberian vitamin, penyuluhan kesehatan, pendampingan, vaksinasi, dan skrining penyakit.

Berdirinya RSB Kendal menambah panjang deretan Rumah Sehat Baznas yang telah berdiri sebelumnya. Hingga kini, terdapat 13 Rumah Sehat Baznas sudah berjalan dan beroperasi. Salah satunya RSB Sragen yang baru diresmikan pada Kamis (12/10).

"Kami sangat berharap nantinya Rumah Sehat dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal, untuk bersama menyukseskan program kesehatan di Kendal," kata Mahdum.

Ketua Baznas Kabupaten Kendal Syamsul Huda menjelaskan, pembangunan tahap pertama RSB direncanakan akan rampung dalam tiga bulan ke depan.

"Untuk pembangunan tahap pertama dari Baznas RI Rp1,8 miliar dari Baznas Kendal Rp1 miliar. InsyaAllah dengan total Rp2,8 miliar ini bisa beroperasi untuk klinik pratama rawat inap, dan tahap ke dua nanti kita menuju ke klinik utama," kata Syamsul.

Sementara itu, Asisten Pemerintah Kendal Noor Fauzie mengapresiasi Baznas RI yang telah memberikan bantuan senilai Rp1,8 miliar untuk pembangunan RSB Kendal di Desa Kebumen tersebut.

"RSB Kendal ini diharapkan menjadi fasilitas kesehatan tingkat pratama untuk membantu seluruh masyarakat pengguna BPJS maupun umum dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," katanya.

Noor juga berharap pembangunan RSB Kendal ini dapat berjalan dengan lancar dan segera selesai sehingga mampu meningkatkan layanan kesehatan khususnya bagi masyarakat Kendal.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023