Data penerimaan ZIS ini per tanggal 9 April, jumlahnya mencapai Rp4,4 miliar
Depok (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok, Jawa Barat, mencatatkan capaian pendataan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) selama Ramadhan 1445 Hijriah sebesar Rp4,4 miliar.

"Data penerimaan ZIS ini per tanggal 9 April, jumlahnya mencapai Rp4,4 miliar," kata Kepala Baznas Kota Depok Endang Ahmad Yani di Depok, Kamis.

Endang menjelaskan untuk jumlah zakat fitrah yang didapatkan sebesar Rp1,9 miliar dalam bentuk uang, sedangkan dalam bentuk beras sebanyak 47.370 kilogram.

"Sementara zakat mal dan sedekah masing-masing terhimpun sebanyak Rp1,2 miliar. Sementara fidyah terkumpul sebanyak Rp38,8 juta," jelasnya.

Baca juga: Bantuan Rp1 miliar telah disalurkan Baznas Depok

Ia mengatakan untuk total muzaki di Kota Depok ada 60.921 jiwa dan mustahik sebanyak 92.125 jiwa.

"Zakat yang yang terkumpul didapatkan melalui 350 Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang ada dim asjid, lembaga, instansi, maupun satuan pendidikan yang ada di Kota Depok," ujarnya.

Sebelumnya Baznas Kota Depok menetapkan besaran zakat fitrah untuk Ramadhan tahun 2024 yaitu 2,5 kilogram beras atau jika dikonversikan dalam bentuk uang sebesar Rp45.000 per orang.

Baca juga: Baznas Depok targetkan zakat fitrah Rp1 miliar

Endang Ahmad Yani mengatakan pihaknya sepakat menetapkan harga beras untuk zakat fitrah pada Ramadhan 1445 Hijriah adalah sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter atau setara dengan Rp45.000 per orang

Penetapan tersebut dilakukan melalui musyawarah bersama yang melibatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Baznas, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag), dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Depok.

"Penerima manfaat zakat fitrah hanya ashnaf zakat yaitu delapan golongan yang disebutkan dalam Al-Quran Surat At-Taubah ayat 60 yakni fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, dan ibnu sabil," jelasnya.

Baca juga: Baznas susun 22 program sepanjang Ramadhan 2024

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024