Depok (ANTARA) - Wali Kota Depok Mohammad Idris menegaskan bahwa tidak alasan bagi bangsa Indonesia untuk tidak membela Palestina untuk merdeka.

"Bapak dan Ibu tidak ada alasan bagi bangsa Indonesia dan bagi orang Indonesia siapapun untuk tidak membela Palestina untuk merdeka," kata Mohammad Idris dalam orasinya saat "Aksi Damai Depok Bersama Palestina" di Grand Depok City (GDC), Ahad.

Idris menegaskan UUD kita telah mengamanahkan, segala seluruh penjajah, di bumi ini harus dimusnahkan, dan sangat bertentangan dengan Pancasila, Pancasila kita mengatakan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok siap menggelar aksi damai "Depok Bersama Palestina".

Baca juga: Laznas dan 76 komunitas gelar aksi kemanusiaan Batam Bersama Palestina

Baca juga: Palestina kecam pernyataan rasis anggota dewan Belanda Geert Wilders


Dalam aksi ini dihadiri oleh ribuan warga Depok yang memadati Jalan GDC Depok. Atribut bendera Palestina dari yang kecil hingga besar terlihat dalam aksi tersebut.

Selain itu ada juga atribut syal Palestina, sorban, topi dan lainnya meramaikan aksi damai tersebut.

"Aksi kemanusiaan ini sebagai upaya memberikan dukungan kepada warga Gaza, khususnya yang sedang menderita akibat agresi militer yang dilakukan Israel," ujar Sekretaris MUI Depok Khaerullah Ahyari.

Dia mengatakan dalam aksi kemanusiaan ini didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Depok dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, serta lembaga maupun organisasi masyarakat.*

Baca juga: Baznas terima bantuan Rp50 juta untuk Palestina

Baca juga: Kemenag imbau tokoh agama-adat jaga kerukunan di Bitung-Sulut

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023